RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : SD 2 LANCAR WADASLINTANG
Kelas/Semester : V / 1
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.1. Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
4.2. Meneladani perilaku Nabi Musa AS
4.3. Meneladani perilaku Nabi Isa AS
Waktu : 9 Jam pelajaran ( 9 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Menceritakan bahwa Nabi Ayyub sangat tabah dan sabar menghadapi
musibah yang menimpanya
2. Meneladani kesabaran dan ketabahan Nabi Ayyub dalam kehidupan
sehari-hari
3. Menceritakan keberanian Nabi Musa dalam berdakwah menghadapi
Fir’aun dan Qarun
4. Meneladani keberanian Nabi Musa dalam kehidupan sehari-hari
5. Menjelaskan tentang sifat penolong Nabi Isa
6. Meneladani sifat penolong Nabi Isa dalam kehidupan sehari-hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh bahwa Nabi Ayyub sangat tabah dan sabar menghadapi musibah yang menimpanya dengan benar;
2. Siswa mampu menyebutkan penerapan perilaku kesabaran dan ketabahan Nabi Ayyub dalam kehidupan sehari-hari dengan benar;
3. Siswa mampu menyebutkan keberanian Nabi Musa dalam berdakwah menghadapi Fir’aun dan Qarun dengan benar;
4. Siswa mampu menyebutkan penerapan perilaku keberanian Nabi Musa dalam kehidupan sehari-hari dengan benar;
5. Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh sifat penolong Nabi Isa dengan benar;
6. Siswa mampu menyebutkan penerapan perilaku penolong Nabi Isa dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Kisah Nabi Ayyub AS :
Kisah Nabi Musa AS :
Kisah Nabi Isa AS :
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model : Direct Instruction (DI);
2. Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi : Mengapa kita harus bersabar jika tertimpa cobaan?
b. Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang kisah Nabi Ayyub, Nabi Musa dan Nabi Isa serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (3 jam pelajaran)
v Siswa mencari dan membaca berbagai literatur untuk memahami perilaku Nabi Ayub as;
Pertemuan ke-2 (3 jam pelajaran)
v Siswa mencari dan membaca berbagai literatur untuk memahami perilaku Nabi Musa as;
Pertemuan ke-3 (3 jam pelajaran)
v Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memahami perilaku Nabi Isa as.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b. Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku paket PAI SD kelas 5;
2. Moh. Masrun S., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 5; Jakarta : Erlangga; halaman 41-53;
3. Buku-buku referensi;
4. Alat-alat peraga : gambat nabi-nabi
F. | PENILAIAN | |||
1. | Prosedur penilaian | |||
a. | Tes awal | : ada, lisan dalam apersepsi. | ||
b. | Tes dalam proses | : ada, tanya jawab dan tertulis dalam lembar kerja. | ||
c. | Tes akhir | : ada, tertulis. | ||
2. | Jenis tes | : lisan, tertulis dan lembar kerja. | ||
3. | Bentuk tes | : pilihan ganda dan isian. | ||
Jumlah soal | : pilihan ganda = 10 butir soal, Isian = 5 butir soal. | |||
G. | ALAT PENILAIAN | |||
Soal tes (terlampir) | ||||
H. | TINDAK LANJUT | |||
1. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 75, diberi perbaikan. 2. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75, diberi pengayaan. | ||||
SOAL TES |
A. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. | Nabi Ayub dicoba oleh Allah dengan sakit selama … a. 6 bulan b. 7 bulan c. 6 tahun d. 7 tahun | 6. | Dua orang gadis yang ditolong oleh Nabi musa adalah putri dari Nabi … a. Harun b. Zakaria c. Nuh d. Syu’aib | |
2. | Berikut ini adalah sikap Nabi Ayub ketika menghadapi cobaan sakit, kecuali … a. tetap mengeluh b. tetap tabah c. tidak melakukan ibadah d. tidak buruk sangka pada Allah | 7. | Mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Musa untuk melawan Fir’aun adalah … a. tongkat yang menjadi ular besar b. tidak terbakar dalam api c. dapat menghilang d. tidak mempan dengan senjata tajam | |
3. | Ketika kita diuji oleh Allah hendaklah … a. mengeluh b. merintih c. tabah dan sabar d. marah | 8. | Nabi Isa adalah putra dari … a. Maryam b. Aminah c. Aisyah d. Fatimah | |
4. | Perilaku teladan Nabi Musa antara lain … a. sombong b. bakhil c. suka memfitnah d. pemberani | 9. | Orang yang diubah mukanya oleh Allah menyerupai Nabi Isa adalah … a. Yahuza b. Yamada c. Yahya d. Yunus | |
5. | Istri yang setia merawat Nabi Ayub bernama … a. Aisyah b. Rahmah c. Asiah d. Fatimah | 10. | Orang yang dikira Nabi Isa disalib di … a. Mesir b. Yerussalem c. Golgota d. Yaman |
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Nabi Musa adalah anak angkat …
2. Kaum Nabi Musa bernama …
3. Orang yang berkhianat pada Nabi Isa bernama …
4. Nabi Isa lari dari pengejaran tentara Yahudi dan bersembunyi di …
5. Ajaran yang disebarkan Nabi Isa adalah ajaran …
Kunci Jawaban
A. Pilihan ganda
- d 6. d
- b 7. a
- c 8. a
- d 9. a
- b 10. c
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60
B. Isian
No. | Kunci Jawaban | Skor |
1 | Raja Fir’aun | 8 |
2 | Israil | 8 |
3 | Yudas Iskariot (Yahuza) | 8 |
4 | Rumah sunyi | 8 |
5 | Tauhid | 8 |
Skor maksimal | 40 |
Lancar, 25 Oktober 2010
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
SAHONO, S.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19570804 197701 1 002 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda