Minggu, 17 Oktober 2010

RPP PAI KELAS V SK 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : SD 2 LANCAR WADASLINTANG
Kelas/Semester : V / 1
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 5. Mengumandangkan azan dan iqamat
Kompetensi Dasar : 5.1. Melafalkan azan dan iqamat
5.2. Mengumandangkan azan dan iqamat
Waktu : 15 Jam pelajaran ( 15 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Melafalkan bacaan azan dengan benar
2. Melafalkan bacaan iqamat dengan benar
3. Menunjukkan hafal bacaan azan dan iqamat
4. Mengumandangkan azan ketika masuk waktu salat
5. Mengumandangkan iqamat ketika salat segera mulai


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu melafalkan bacaan azan dengan benar;
2. Siswa mampu melafalkan bacaan iqamat dengan benar;
3. Siswa mampu menghafal bacaan azan dan iqamat dengan benar;
4. Siswa mampu mengumandangkan azan ketika masuk waktu salat dengan benar;
5. Siswa mampu mengumandangkan azan ketika masuk waktu salat dengan benar;
B. MATERI PEMBELAJARAN
Lafal azan : (1) Allahu akbar allahu akbar, 2 kali, (2) Ashadu anla ilaha illallah, 2 kali, (3) Ashadu anna Muhammadar rasulullah, 2 kali, (4) Hayya ‘alas salah, 2 kali, (5) Hayya ‘alal falah, 2 kali,
(6) Allahu akbar allahu akbar, (7) La ilaha illallah.
Lafal iqamat : (1) Allahu akbar allahu akbar, (2) Ashadu anla ilaha illallah, (3) Ashadu anna Muhammadar rasulullah, (4) Hayya ‘alas salah, (5) Hayya ‘alal falah, (6) Qad qamatis salah,
(7) Allahu akbar allahu akbar, (8) La ilaha illallah.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model : Direct Instruction (DI);
2. Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi : Kapan azan dan iqamat dikumandangkan?
b. Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang azan dan iqamat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 dan ke-2 (6 jam pelajaran)
 Siswa berulang-ulang membaca lafal azan dan iqamat;
Pertemuan ke-3, ke-4 dan ke-5 (9 jam pelajaran)
 Siswa mempraktikkan azan dan iqamat.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b. Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku paket PAI SD kelas 5;
2. Moh. Masrun S., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 5; Jakarta : Erlangga; halaman 54-65
3. Buku-buku referensi;
4. Alat-alat peraga : lafal azan dan iqamat
F. PENILAIAN
1. Prosedur penilaian
a. Tes awal : ada, lisan dalam apersepsi.
b. Tes dalam proses : ada, tanya jawab dan tertulis dalam lembar kerja.
c. Tes akhir : ada, tertulis.
2. Jenis tes : lisan, tertulis dan lembar kerja.
3. Bentuk tes : pilihan ganda dan isian.
Jumlah soal : pilihan ganda = 10 butir soal,
Isian = 5 butir soal.

G. ALAT PENILAIAN
Soal tes (terlampir)

H. TINDAK LANJUT
1. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 75, diberi perbaikan.
2. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75, diberi pengayaan.

SOAL TES

A. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Hal-hal yang harus diperhatikan muazin adalah, kecuali …
a. suci dari hadas
b. berdiri menghadap kiblat
c. memakai baju baru
d. mengeraskan suara 6. Mengumandangkan zan harus menghadap …
a. timur
b. utara
c. kiblat
d. selatan
2. Seruan untuk mengajak orang mendirikan salat disebut …
a. iqamah
b. azan
c. tadarus
d. pujian 7. Orang yang mendengar azan disunahkan untuk …
a. menjawabnya
b. mengacuhkannya
c. merekamnya
d. menutup telinga
3. Panggilan bahwa salat akan segera dilaksanakan disebut …
a. azan
b. iqamah
c. tadarus
d. pujian 8. Sahabat Rasulullah yang pertama kali mengumandangkan azan bernama …
a. Ali bin Abi Talib
b. Abu Hurairah
c. Bilal bin Rabah
d. Abu Bakar
4. Berikut ini yang bukan untuk kalimat azan adalah …
a. ashadu anla ilaha illallah
b. hayya ‘alas salah
c. allahu akbar allahu akbar
d. qad qamatis salah
9. Lafal “ Allahu akbar” dalam azan dibaca sebanyak …
a. 1 kali
b. 2 kali
c. 3 kali
d. 4 kali
5. “Qad qamatis salah” dibaca ketika …
a. azan
b. iqamah
c. tadarus
d. pujian 10. Lafal “hayya ‘alal falah” dalam iqamah dibaca sebanyak …
a. 1 kali
b. 2 kali
c. 3 kali
d. 4 kali

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Azan disyariatkan pada …
2. Masuknya waktu salat ditandai dengan …
3. Jawaban ketika dikumandangkan kalimah “hayya ‘alal falah” dalam azan adalah …
4. Kalimah iqamah yang tidak ada pada kalimah azan adalah …
5. “asyhadu alla ilaha illallah” ketika azan dibaca … kali
Kunci Jawaban
A. Pilihan ganda
1. c 6. c
2. b 7. a
3. b 8. c
4. d 9. d
5. b 10. a
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60

B. Isian
No. Kunci Jawaban Skor
1 Sebelum salat 8
2 Azan 8
3 La haula wala quwwata ila billahil ‘aliyil ‘azim 8
4 Qad qamatis salah 8
5 2 kali 8
Skor maksimal 40

Lancar, 29 November 2010
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,




SAHONO, S.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19500302197306 1 001 NIP. 19800205 200903 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda