Minggu, 24 Oktober 2010

JoharCom Foto Lancar

JoharCom Foto Lancar
Foto – Privat / Kursus Komputer – Pengetikan
Alamat : Karanganyar Rt. 26/6 Wadaslintang Wonosobo 56365 Hp 081 2266 03 909
Email : joharcomfoto@gmail.com, Website : www.joharcomfoto.blogspot.com


Melayani :
1. Pemotretan
2. Editing foto
3. Private / kursus komputer
4. Pengetikan komputer
5. Bimbingan PTK dan Skripsi
6. Bimbingan penyusunan KTSP, Silabus, Prota, Promes, RPP SD, dan lain-lain.

RPP PAI SD KELAS 6 SK. 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : SD 2 LANCAR WADASLINTANG
Kelas/Semester : VI / 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 9.1. Meneladani kegigihan perjuangan kaum Muhajirin
9.2. Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar
Waktu : 6 Jam pelajaran ( 6 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Menyebutkan keteladanan yang dilakukan kaum Muhajirin
2. Membiasakan meneladani kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari
3. Menyebutkan keteladanan yang dilakukan kaum Anshar
4. Membiasakan meneladani kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menyebutkan keteladanan yang dilakukan kaum Muhajirin dengan benar;
2. Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh perilaku yang meneladani kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
3. Siswa mampu menyebutkan keteladanan yang dilakukan kaum Anshar dengan benar;
4. Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh perilaku yang meneladani kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari dengan benar;
B. MATERI PEMBELAJARAN
Kaum Muhajirin adalah penduduk Mekkah yang telah memeluk Islam dan hijrah bersama Nabi Muhammad SAW ke Madinah.
Kaum Anshar adalah penduduk Madinah yang telah Masuk Islam menyambut ketika Nabi Muhammad SAW dan kaum Muhajirin hijrah ke Madinah.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model : Direct Instruction (DI);
2. Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi : Mengapa Nabi dan pengikutnya harus hijrah ke Madinah?
b. Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang kaum Muhajirin dan anshar serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam pelajaran)
 Siswa membaca dan menelaah materi tentang kisah kaum Muhajirin;
 Siswa mendiskusikan sifat-sifat terpuji yang dimiliki kaum Muhajirin;

Pertemuan ke-2 (2 jam pelajaran)
 Siswa membaca dan menelaah materi tentang kisah kaum Anshar;
 Siswa menunjukkan contoh sikap penolong seperti yang dimiliki kaum Anshar.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b. Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku paket PAI SD kelas 6;
2. Moh. Masrun S., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 6; Jakarta : Erlangga; halaman 101-113
3. Buku-buku referensi;
4. Alat-alat peraga : gambar peristiwa hijrah Nabi
F. PENILAIAN
1. Prosedur penilaian
a. Tes awal : ada, lisan dalam apersepsi.
b. Tes dalam proses : ada, tanya jawab dan tertulis dalam lembar kerja.
c. Tes akhir : ada, tertulis.
2. Jenis tes : lisan, tertulis dan lembar kerja.
3. Bentuk tes : pilihan ganda dan isian.
Jumlah soal : pilihan ganda = 10 butir soal,
Isian = 5 butir soal.

G. ALAT PENILAIAN
Soal tes (terlampir)

H. TINDAK LANJUT
1. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 75, diberi perbaikan.
2. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75, diberi pengayaan.

SOAL TES

A. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Berikut ini yang merupakan sikap kaum Muhajirin ketika mendapat siksaan dan hinaan adalah …
a. membalas menyiksa
b. sabar dan tabah
c. membalas menghina
d. melarikan diri 6. Sahabat Nabi yang hijrah secara terang-terangan adalah …
a. Ali bin ABi Talib
b. Amr bin Ash
c. Umar bin Khattab
d. Khalid bin Walid
2. Allah akan menolong seseorang selama dia mau menolong …
a. adiknya
b. ibunya
c. saudaranya
d. kakaknya 7. Sikap kaum Muhajirn setelah mendapat siksaan dan hinaan kaum kafir adalah …
a. tetap setia pada Nabi
b. memusuhi Nabi
c. menjauhi Nabi
d. mendekati Nabi
3. Seseorang yang menanggung keselamatan Rasulullah SAW dan para sahabat ketika kembali dari Taif adalah …
a. Mun’im
b. Abu Sufyan
c. Mut’am
d. Abu Ubaidah 8. Setelah Rasulullah sampai diperbatasan kota, kaum Anshar menyambut dengan …
a. suka cita
b. persahabatan
c. pertempuran
d. pertikaian
4. Orang yang diutus oleh Rasulullah menemui Mut’am adalah seorang laki-laki dari …
a. Khuza’ah
b. Qana’ah
c. Khazraj
d. Aus 9. Kita dianjurkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa dan dilarang untuk tolong-menolong dalam …
a. dosa dan permusuhan
b. kebaikan
c. segala hal
d. beribadah
5. Orang yang mengusir Nabi dan sahabatnya keluar Mekah adalah …
a. orang Yahudi
b. kaum kafir Quraisy
c. orang Nasrani
d. Abu Jahal 10. Seorang yang menyatukan antara kaum Muhajirin dan Anshar adalah …
a. Abu bakar as-Siddiq
b. Ali bin Abi Talib
c. Rasulullah
d. Umar bin Khattab
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Kaum Muhajirin adalah kaum yang hijrah dari … ke …
2. Tolong-menolonglah kamu dalam …
3. Orang yang diutus Rasulullah menemui Mut’am adalah …
4. Umar bin Khattab termasuk kaum …
5. Orang yang menolong kaum Muhajirn disebut …
Kunci Jawaban
A. Pilihan ganda
1. b 6. c
2. c 7. a
3. c 8. a
4. a 9. a
5. b 10. c
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60

B. Isian
No. Kunci Jawaban Skor
1 Mekah ke Madinah 8
2 Kebaikan 8
3 Laki-laki dari Khuza’ah 8
4 Muhajirin 8
5 Anshar 8
Skor maksimal 40
Lancar, 7 Maret 2011
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,




SAHONO, S.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19570804 197701 1 002 NIP. 19800205 200903 1 005

RPP PAI SD KELAS 6 SK. 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : SD 2 LANCAR WADASLINTANG
Kelas/Semester : VI / 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 8. Menceritakan kisah Kaum Muhajirin dan Anshar
Kompetensi Dasar : 8.1. Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
8.2. Menceritakan perjuangan kaum Anshar
Waktu : 4 Jam pelajaran ( 4 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Pengertian kaum Muhajirin
2. Perjuangan kaum Muhajirin dalam dakwah Islam
3. Menceritakan kisah hijrah kaum Muhajirin
4. Pengertian kaum Anshar
5. Perjuangan kaum Anshar dalam dakwah Islam
6. Menceritakan kisah sambutan hijrah kaum Anshar

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menyebutkan pengertian kaum Muhajirin dengan benar;
2. Siswa mampu menyebutkan perjuangan kaum Muhajirin dalam dakwah Islam dengan benar
3. Siswa mampu menyebutkan kisah hijrah kaum Muhajirin dengan benar;
4. Siswa mampu menyebutkan pengertian kaum Anshar dengan benar;
5. Siswa mampu menyebutkan perjuangan kaum Anshar dalam dakwah Islam dengan benar;
6. Siswa mampu menyebutkan kisah sambutan hijrah kaum Anshar dengan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Kaum Muhajirin adalah penduduk Mekkah yang telah memeluk Islam dan hijrah bersama Nabi Muhammad SAW ke Madinah.
Kaum Anshar adalah penduduk Madinah yang telah Masuk Islam menyambut ketika Nabi Muhammad SAW dan kaum Muhajirin hijrah ke Madinah.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model : Direct Instruction (DI);
2. Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi : Mengapa Nabi dan pengikutnya harus hijrah ke Madinah?
b. Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang kaum Muhajirin dan anshar serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam pelajaran)
 Siswa membaca dan menelaah materi tentang kisah kaum Muhajirin;
 Siswa mendiskusikan sifat-sifat terpuji yang dimiliki kaum Muhajirin;

Pertemuan ke-2 (2 jam pelajaran)
 Siswa membaca dan menelaah materi tentang kisah kaum Anshar;
 Siswa menunjukkan contoh sikap penolong seperti yang dimiliki kaum Anshar.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b. Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku paket PAI SD kelas 6;
2. Moh. Masrun S., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 6; Jakarta : Erlangga; halaman 91-100
3. Buku-buku referensi;
4. Alat-alat peraga : gambar peristiwa hijrah Nabi
F. PENILAIAN
1. Prosedur penilaian
a. Tes awal : ada, lisan dalam apersepsi.
b. Tes dalam proses : ada, tanya jawab dan tertulis dalam lembar kerja.
c. Tes akhir : ada, tertulis.
2. Jenis tes : lisan, tertulis dan lembar kerja.
3. Bentuk tes : pilihan ganda dan isian.
Jumlah soal : pilihan ganda = 10 butir soal,
Isian = 5 butir soal.

G. ALAT PENILAIAN
Soal tes (terlampir)

H. TINDAK LANJUT
1. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 75, diberi perbaikan.
2. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75, diberi pengayaan.

SOAL TES

A. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Berikut ini yang merupakan sikap kaum Muhajirin ketika mendapat siksaan dan hinaan adalah …
a. membalas menyiksa
b. sabar dan tabah
c. membalas menghina
d. melarikan diri 6. Sahabat Nabi yang hijrah secara terang-terangan adalah …
a. Ali bin ABi Talib
b. Amr bin Ash
c. Umar bin Khattab
d. Khalid bin Walid
2. Allah akan menolong seseorang selama dia mau menolong …
a. adiknya
b. ibunya
c. saudaranya
d. kakaknya 7. Sikap kaum Muhajirn setelah mendapat siksaan dan hinaan kaum kafir adalah …
a. tetap setia pada Nabi
b. memusuhi Nabi
c. menjauhi Nabi
d. mendekati Nabi
3. Seseorang yang menanggung keselamatan Rasulullah SAW dan para sahabat ketika kembali dari Taif adalah …
a. Mun’im
b. Abu Sufyan
c. Mut’am
d. Abu Ubaidah 8. Setelah Rasulullah sampai diperbatasan kota, kaum Anshar menyambut dengan …
a. suka cita
b. persahabatan
c. pertempuran
d. pertikaian
4. Orang yang diutus oleh Rasulullah menemui Mut’am adalah seorang laki-laki dari …
a. Khuza’ah
b. Qana’ah
c. Khazraj
d. Aus 9. Kita dianjurkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa dan dilarang untuk tolong-menolong dalam …
a. dosa dan permusuhan
b. kebaikan
c. segala hal
d. beribadah
5. Orang yang mengusir Nabi dan sahabatnya keluar Mekah adalah …
a. orang Yahudi
b. kaum kafir Quraisy
c. orang Nasrani
d. Abu Jahal 10. Seorang yang menyatukan antara kaum Muhajirin dan Anshar adalah …
a. Abu bakar as-Siddiq
b. Ali bin Abi Talib
c. Rasulullah
d. Umar bin Khattab
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Kaum Muhajirin adalah kaum yang hijrah dari … ke …
2. Tolong-menolonglah kamu dalam …
3. Orang yang diutus Rasulullah menemui Mut’am adalah …
4. Umar bin Khattab termasuk kaum …
5. Orang yang menolong kaum Muhajirn disebut …
Kunci Jawaban
A. Pilihan ganda
1. b 6. c
2. c 7. a
3. c 8. a
4. a 9. a
5. b 10. c
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60

B. Isian
No. Kunci Jawaban Skor
1 Mekah ke Madinah 8
2 Kebaikan 8
3 Laki-laki dari Khuza’ah 8
4 Muhajirin 8
5 Anshar 8
Skor maksimal 40
Lancar, 21 Februari 2011
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,




SAHONO, S.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19570804 197701 1 002 NIP. 19800205 200903 1 005

RPP PAI SD KELAS 6 SK. 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : SD 2 LANCAR WADASLINTANG
Kelas/Semester : VI / 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan al-Qur'an ayat-ayat pilihan
Kompetensi Dasar : 6.1. Membaca surah al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13
6.2. Mengartikan surah al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13
Waktu : 12 Jam pelajaran ( 12 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Mampu membaca surah al-Maidah ayat 3
2. Mampu mempraktikkan membaca surah al-Maidah ayat 3 dalam salat
3. Mampu membaca surah al-Hujurat ayat 13
4. Mampu mempraktikkan membaca surah al-Hujurat ayat 13 dalam salat
5. Mampu mengartikan surah al-Maidah ayat 3
6. Mampu mengartikan surah al-Hujurat ayat 13

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu membaca surah al-Maidah ayat 3 dengan benar;
2. Siswa mampu mempraktikkan membaca surah al-Maidah ayat 3 dalam salat dengan benar
3. Siswa mampu membaca surah al-Hujurat ayat 13 dengan benar;
4. Siswa mampu mempraktikkan membaca surah al-Hujurat ayat 13 dalam salat dengan benar;
5. Siswa mampu mengartikan surah al-Maidah ayat 3 dengan benar;
6. Siswa mampu mengartikan surah al-Hujurat ayat 13 dengan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Surah al-Maidah ayat 3 :
       •       •                                                •    
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. pada hari ini orang-orang kafir Telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa Karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Surah al-hujurat ayat 13 :
 ••           •      •    
Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model : Direct Instruction (DI);
2. Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi : Coba baca surah al-Maidah ayat 3 bersama-sama!
b. Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang surah al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13 dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (3 jam pelajaran)
 Menemukan bacaan surat al-Maidah ayat 3 dalam al-Quran;
 Membaca surat al-Maidah ayat 3 dengan benar;
 Mengulang membaca surat al-Maidah ayat 3;
Pertemuan ke-2 (3 jam pelajaran)
 Mempraktikkan membaca surat al-Maidah ayat 3 dalam salat;
 Menemukan surat al-Hujurat ayat 13 dalam al-Quran;
 Membaca surat al-Hujurat ayat 13 dengan benar;
Pertemuan ke-3 (3 jam pelajaran)
 Mengulang membaca surat al-Hujurat ayat 13 dengan benar;
 Mempraktikkan membaca surat al-Hujurat ayat 13 dalam salat;
Pertemuan ke-4 (3 jam pelajaran)
 Mengartikan surat al-Maidah ayat 3;
 Memahami kandungan surat al-Maidah ayat 3;
 Mengartikan surat al-hujurat ayat 13;
 Memahami kandungan surat al-Hujurat ayat 13;

3. Kegiatan Penutup
a. Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b. Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku paket PAI SD kelas 6;
2. Moh. Masrun S., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 6; Jakarta : Erlangga; halaman 66-78
3. Buku-buku referensi;
4. Alat-alat peraga : bacaan surah al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13.
F. PENILAIAN
1. Prosedur penilaian
a. Tes awal : ada, lisan dalam apersepsi.
b. Tes dalam proses : ada, tanya jawab dan tertulis dalam lembar kerja.
c. Tes akhir : ada, tertulis.
2. Jenis tes : lisan, tertulis dan lembar kerja.
3. Bentuk tes : pilihan ganda dan isian.
Jumlah soal : pilihan ganda = 10 butir soal,
Isian = 5 butir soal.

G. ALAT PENILAIAN
Soal tes (terlampir)

H. TINDAK LANJUT
1. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 75, diberi perbaikan.
2. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75, diberi pengayaan.

SOAL TES

A. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Al-Quran surah al-maidah ayat 3 diturunkan tanggal …
a. 4 zulhijjah
b. 5 Zulhijjah
c. 9 Zulhijjah
d. 10 Zulhijjah 6. “Maka janganlah kamu takut kepada mereka” adalah arti dari kalimah …
a. kafaru
b. dinukum
c. fala tahsauhum
d. wahsauni
2. Ketika membaca al-Quran harus dengan …
a. baik dan benar
b. bersuara keras
c. lagu-lagu
d. memakai wangi-wangian 7. Berikut ini yang termasuk makanan yang diharamkan adalah …
a. bangkai
b. nasi
c. daging ayam
d. daging sapi
3. Kata بالازلام artinya …
a. dengan anak panah
b. dengan kapak
c. untuk berhala
d. kelaparan 8. Manusia berasal dari …
a. laki-laki
b. perempuan
c. laki-laki dan perempuan
d. langit
4. Kata وٲتممت artinya …
a. agamamu
b. telah Aku cukupkan
c. nikmat-Ku
d. jadi agama 9. Manusia diciptakan berbeda agar …
a. saling bermusuhan
b. saling mengejek
c. saling mengenal
d. saling berperang
5. Kata والموقوذة artinya …
a. yang jatuh
b. yang dipukul
c. yang dicekik
d. yang ditanduk 10. Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah …
a. orang Arab
b. orang miskin
c. orang bertakwa
d. orang kaya

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Surah al-Hujurat diturunkan di kota …
2. Haji yang terakhir diikuti Rasulullah disebut …
3. Hewan yang mati karena dicekik hukumnya …
4. Allah melihat kemuliaan manusia berdasarkan …
5. Arti potongan ayat    • adalah …
Kunci Jawaban
A. Pilihan ganda
1. c 6. c
2. a 7. a
3. a 8. c
4. b 9. c
5. b 10. c
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60

B. Isian
No. Kunci Jawaban Skor
1 Madinah 8
2 Wada
3 Haram dimakan 8
4 Takwanya 8
5 Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal 8
Skor maksimal 40

Lancar, 24 Januari 2011
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,




SAHONO, S.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19570804 197701 1 002 NIP. 19800205 200903 1 005

RPP PAI SD KELAS 6 SK. 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : SD 2 LANCAR WADASLINTANG
Kelas/Semester : VI / 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan al-Qur'an ayat-ayat pilihan
Kompetensi Dasar : 6.1. Membaca surah al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13
6.2. Mengartikan surah al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13
Waktu : 12 Jam pelajaran ( 12 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Mampu membaca surah al-Maidah ayat 3
2. Mampu mempraktikkan membaca surah al-Maidah ayat 3 dalam salat
3. Mampu membaca surah al-Hujurat ayat 13
4. Mampu mempraktikkan membaca surah al-Hujurat ayat 13 dalam salat
5. Mampu mengartikan surah al-Maidah ayat 3
6. Mampu mengartikan surah al-Hujurat ayat 13

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu membaca surah al-Maidah ayat 3 dengan benar;
2. Siswa mampu mempraktikkan membaca surah al-Maidah ayat 3 dalam salat dengan benar
3. Siswa mampu membaca surah al-Hujurat ayat 13 dengan benar;
4. Siswa mampu mempraktikkan membaca surah al-Hujurat ayat 13 dalam salat dengan benar;
5. Siswa mampu mengartikan surah al-Maidah ayat 3 dengan benar;
6. Siswa mampu mengartikan surah al-Hujurat ayat 13 dengan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Surah al-Maidah ayat 3 :
       •       •                                                •    
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. pada hari ini orang-orang kafir Telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa Karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Surah al-hujurat ayat 13 :
 ••           •      •    
Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model : Direct Instruction (DI);
2. Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi : Coba baca surah al-Maidah ayat 3 bersama-sama!
b. Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang surah al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13 dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (3 jam pelajaran)
 Menemukan bacaan surat al-Maidah ayat 3 dalam al-Quran;
 Membaca surat al-Maidah ayat 3 dengan benar;
 Mengulang membaca surat al-Maidah ayat 3;
Pertemuan ke-2 (3 jam pelajaran)
 Mempraktikkan membaca surat al-Maidah ayat 3 dalam salat;
 Menemukan surat al-Hujurat ayat 13 dalam al-Quran;
 Membaca surat al-Hujurat ayat 13 dengan benar;
Pertemuan ke-3 (3 jam pelajaran)
 Mengulang membaca surat al-Hujurat ayat 13 dengan benar;
 Mempraktikkan membaca surat al-Hujurat ayat 13 dalam salat;
Pertemuan ke-4 (3 jam pelajaran)
 Mengartikan surat al-Maidah ayat 3;
 Memahami kandungan surat al-Maidah ayat 3;
 Mengartikan surat al-hujurat ayat 13;
 Memahami kandungan surat al-Hujurat ayat 13;

3. Kegiatan Penutup
a. Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b. Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku paket PAI SD kelas 6;
2. Moh. Masrun S., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 6; Jakarta : Erlangga; halaman 66-78
3. Buku-buku referensi;
4. Alat-alat peraga : bacaan surah al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13.
F. PENILAIAN
1. Prosedur penilaian
a. Tes awal : ada, lisan dalam apersepsi.
b. Tes dalam proses : ada, tanya jawab dan tertulis dalam lembar kerja.
c. Tes akhir : ada, tertulis.
2. Jenis tes : lisan, tertulis dan lembar kerja.
3. Bentuk tes : pilihan ganda dan isian.
Jumlah soal : pilihan ganda = 10 butir soal,
Isian = 5 butir soal.

G. ALAT PENILAIAN
Soal tes (terlampir)

H. TINDAK LANJUT
1. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 75, diberi perbaikan.
2. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75, diberi pengayaan.

SOAL TES

A. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Al-Quran surah al-maidah ayat 3 diturunkan tanggal …
a. 4 zulhijjah
b. 5 Zulhijjah
c. 9 Zulhijjah
d. 10 Zulhijjah 6. “Maka janganlah kamu takut kepada mereka” adalah arti dari kalimah …
a. kafaru
b. dinukum
c. fala tahsauhum
d. wahsauni
2. Ketika membaca al-Quran harus dengan …
a. baik dan benar
b. bersuara keras
c. lagu-lagu
d. memakai wangi-wangian 7. Berikut ini yang termasuk makanan yang diharamkan adalah …
a. bangkai
b. nasi
c. daging ayam
d. daging sapi
3. Kata بالازلام artinya …
a. dengan anak panah
b. dengan kapak
c. untuk berhala
d. kelaparan 8. Manusia berasal dari …
a. laki-laki
b. perempuan
c. laki-laki dan perempuan
d. langit
4. Kata وٲتممت artinya …
a. agamamu
b. telah Aku cukupkan
c. nikmat-Ku
d. jadi agama 9. Manusia diciptakan berbeda agar …
a. saling bermusuhan
b. saling mengejek
c. saling mengenal
d. saling berperang
5. Kata والموقوذة artinya …
a. yang jatuh
b. yang dipukul
c. yang dicekik
d. yang ditanduk 10. Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah …
a. orang Arab
b. orang miskin
c. orang bertakwa
d. orang kaya

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Surah al-Hujurat diturunkan di kota …
2. Haji yang terakhir diikuti Rasulullah disebut …
3. Hewan yang mati karena dicekik hukumnya …
4. Allah melihat kemuliaan manusia berdasarkan …
5. Arti potongan ayat    • adalah …
Kunci Jawaban
A. Pilihan ganda
1. c 6. c
2. a 7. a
3. a 8. c
4. b 9. c
5. b 10. c
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60

B. Isian
No. Kunci Jawaban Skor
1 Madinah 8
2 Wada
3 Haram dimakan 8
4 Takwanya 8
5 Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal 8
Skor maksimal 40

Lancar, 24 Januari 2011
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,




SAHONO, S.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19570804 197701 1 002 NIP. 19800205 200903 1 005

RPP PAI SD KELAS 6 SK. 10


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah                                    : SD 2 LANCAR  WADASLINTANG
Kelas/Semester             : VI / 2
Mata Pelajaran              : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi       : 10.    Mengetahui kewajiban zakat
Kompetensi Dasar         : 10.1. Menyebutkan macam-macam zakat
                                      10.2. Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
Waktu                           : 4  Jam pelajaran ( 4 x @ 35 menit)
 Indikator                       : 1. Menjelaskan pengertian zakat
  2. Menyebutkan macam-macam zakat
  3. Menunjukkan contoh-contoh barang yang dizakati
  4. Menjelaskan ketentuan zakat fitrah
  5. Menyebutkan waktu yang ditentukan untuk mengeluarkan zakat fitrah
  6. Menunjukkan contoh ketentuan zakat fitrah
                                   
A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Siswa mampu menyebutkan pengertian zakat dengan benar;
2.       Siswa mampu menyebutkan macam-macam zakat i dengan benar
3.       Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh barang yang dizakati dengan benar;
4.       Siswa mampu menyebutkan waktu yang ditentukan untuk mengeluarkan zakat fitrah dengan benar;
5.       Siswa mampu menyebutkan ketentuan-ketentuan zakat fitrah dengan benar.
B.     MATERI PEMBELAJARAN
Zakat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Ada dua macam zakat yaitu zakat fitrah dan zakat mal.  
Syarat zakat fitrah : (1) beragama Islam, (2) masih hidup pada akhir Ramadan, (3) mempunyai kelebihan makanan untuk zakat, (4) waktu membayar zakat adalah selama Ramadan, (5) besarnya zakat 2,5 kg beras atau 3,1 liter beras, atau makanan pokoknya.
C.     METODE PEMBELAJARAN
1.                  Model                     : Direct Instruction (DI);
2.                  Metode                   : ceramah, tanya jawab, demonstrasi,  penugasan
D.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Kegiatan Pendahuluan
a.       Apersepsi   : Mengapa kita harus berzakat?
b.       Motivasi     : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang zakat  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.       Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam pelajaran)
v  Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memehami macam-macam zakat;
Pertemuan ke-2 (2 jam pelajaran)
v  Siswa membaca dan berdiskusi untuk dapat memahami ketentuan zakat fitrah.
3.       Kegiatan Penutup
a.       Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b.       Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E.      SUMBER BELAJAR
1.       Buku paket PAI SD kelas 6;
2.       Moh. Masrun S., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 6; Jakarta : Erlangga; halaman 114-125
3.       Buku-buku referensi;
4.       Alat-alat peraga : gambar orang zakat
F.
PENILAIAN

1.
Prosedur penilaian


a.
Tes awal
: ada, lisan dalam apersepsi.


b.
Tes dalam proses
: ada, tanya jawab dan tertulis dalam lembar kerja.


c.
Tes akhir
: ada, tertulis.

2.
Jenis tes
: lisan, tertulis dan lembar kerja.

3.
Bentuk tes
: pilihan ganda dan isian.


Jumlah soal
: pilihan ganda   = 10 butir soal,
  Isian               = 5   butir soal.





G.
ALAT PENILAIAN

Soal tes (terlampir)


H.
TINDAK LANJUT

1. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 75, diberi perbaikan.
2. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75, diberi pengayaan.





SOAL TES
A.     Pilihlah jawaban yang paling benar !
1.
Zakat fitrah dikeluarkan sebelum …
a. Idul Fitri
b. Idul Adha
c. asar
c. Subuh

6.
Berikut ini orang yang tidak berhak menerima zakat fitrah adalah …
a. fakir
b. miskin
c. orang cacat
d. amil
2.
Besarnya zakat fitrah adalah …
a. 3 liter
b. 3 kg
c. 3,1 kg
d. 2,5 kg

7.
Orang yang  dalam perjalanan disebut …
a. fisabilillah
b. ibnu sabil
c. sabilillah
d. garim
3.
Syarat zakat fitrah adalah …
a. balig
b. berakal
c. sehat jasmani
d. Islam

8.
Orang yang baru masuk Islam disebut …
a. ibnu sabil
b. muallaf
c. sabilillah
d. garim
4.
Zakat fitrah dibayarkan setelah salat id dihitung sebagai …
a. sedekah
b. zakat mal
c. hadiah
d. utang

9.
Berikut ini manfaat zakat fitrah, kecuali …
a. menolong orang susah
b. membersihkan diri orang puasa
c. membiasakan sifat terpuji
d. mendapat saingan
5.
Zakat fitrah dikeluarkan pada awal Ramadan hukumnya …
a. mubah
b. wajib
c. makruh
d. sunah

10.
Orang yang lahir sebelum matahari tenggelam pada akhir Ramadan wajib mengeluarkan …
a.       zakat mal
b.       zakat fitrah
c.       sedekah
d.       makanan

B.     Isilah titik-titik  di bawah ini dengan benar !
1.       Zakat fitrah hukumnya …
2.       Orang yang berhak menerima zakat disebut …
3.       Besarnya zakat fitrah adalah …
4.       Fakir miskin termasuk orang yang berhak menerima …
5.       Mengeluarkan zakat fitrah setelah Idul Fitri disebut …
Kunci Jawaban
A.     Pilihan ganda
1.                   a                      6. c
2.                   d                      7. c
3.                   d                      8. b
4.                   a                      9. d
5.                   a                      10. b
Skor = Jumlah betul x 6                   Skor maksimal = 60


B.     Isian
No.
Kunci Jawaban
Skor
1
Wajib
8
2
Mustahik zakat

3
2,5 kg beras
8
4
Zakat
8
5
sedekah
8

Skor maksimal
40

Lancar, 21 Maret 2011
                          Mengetahui,
                          Kepala SD 2 Lancar,                                        Guru PAI SD 2 Lancar,
                         



                          SAHONO, S.Pd.                                             DARSON, A.Ma.
                          NIP. 19570804 197701 1 002                            NIP. 19800205 200903 1 005