1. Kegunaan Teoritis
Dengan penelitian tentang
penggunaan media kartun edukatif dalam proses pembelajaran, selain kita dapat
mengetahui tentang pemanfaatan, strategi, metode dan efektivitasnya dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik, peneliti berharap, hasil penelitian
ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan menambah pengetahuan pembaca dan
memperdalam tentang penggunaan media-media pembelajaran yang variatif dan
mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran sehari-hari. Selain itu, para
pembaca dapat memahami tentang urgensi pendidikan dan pembinaan akhlak serta
prestasi peserta didik.
2. Kegunaan Praktis
a.
Bagi peneliti, sebagai calon guru
memperoleh pengalaman mengaplikasikan media dalam proses pembelajaran yang
variatif dan dapat dijadikan acuan dalam perbaikan proses pembelajaran PAI di
sekolah;
b.
Bagi guru, memperoleh pengalaman dan
pengetahuan dalam peranannya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran di
sekolah dan yang dapat dijadikan sebagai
alternatif media pembelajaran yang dapat
diterapkan dalam proses pembelajaran lebih lanjut guna meningkatkan prestasi
belajar dan membentuk budi pekerti peserta didik;
c.
Bagi peserta didik, untuk
menambah pengetahuan tentang berbagai variasi media pembelajaran dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan lingkungan
masyarakat;
d.
Bagi sekolah, dapat memberikan
masukan baru mengenai media pembelajaran
baru dalam pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta
didik, di mana media tersebut yang belum banyak dikembangkan atau diterapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda