A.
Desain Penelitian
Penelitian
ini merupakan classroom action research atau
penelitian tindakan kelas. Menurut IGAK Wardhani dan Kuswaya Wihardit,
penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam
kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki
kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar peserta didik menjadi
meningkat.[1]
Model
penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kurt Lewin terdiri dari empat
komponen pokok yang juga menunjukkan langkah dalam sebuah siklus yang berulang.
Penelitian tindakan harus dilaksakan dalam bentuk siklus yang terdiri atas perencanaan
(planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Siklus tersebut apabila
divisualisasikan adalah sebagai berikut :
Acting
planning observing
reflecting
Gambar
2. Siklus penelitian tindakan[2]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda