Mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang terkadang diacuhkan oleh
peserta didik dan tak jarang menimbulkan
rasa bosan peserta didik terhadap mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, diperlukan
persiapan peserta didik dan persiapan para tenaga pendidik untuk belajar mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perasaan senang dan penuh perhatian
mengikuti pelajaran tersebut. Dan tentunya peserta didik juga harus menggunakan
media dan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
Dalam pelaksanaan
kegiatan pembelajaran, guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi belajar
yang melibatkan peserta didik aktif (active
learning) dalam belajar. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat mengaktifkan
peserta didik belajar adalah dengan media kartun edukatif dalam
pembelajaran yang menarik. Dengan media
tersebut diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman terhadap konsep tertentu, maka sekaligus juga peserta didik
menumbuhkan keterampilan dalam memecahkan masalah. Apabila peserta didik
menguasai, memiliki dan terampil menggunakan konsep, diharapkan nantinya
peserta didik akan meningkatkan prestasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Dengan demikian dapat diasumsikan bahwa penerapan dan penggunaan
media kartun edukatif dalam kegiatan pembelajaran akan mampu meningkatkan
prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik terhadap materi yang
dipelajari tersebut. Skema kerangka pemikiran dalam penelitian tindakan kelas
ini adalah sebagai berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda