Jumat, 24 April 2015

Kerangka Pemikiran PAI

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang terkadang diacuhkan oleh peserta didik  dan tak jarang menimbulkan rasa bosan peserta didik terhadap mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, diperlukan persiapan peserta didik dan persiapan para tenaga pendidik untuk belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perasaan senang dan penuh perhatian mengikuti pelajaran tersebut. Dan tentunya peserta didik juga harus menggunakan media dan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi belajar yang melibatkan peserta didik aktif (active learning) dalam belajar. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat mengaktifkan peserta didik belajar adalah dengan media kartun edukatif dalam pembelajaran  yang menarik. Dengan media tersebut diharapkan dapat  meningkatkan kemampuan pemahaman terhadap konsep tertentu, maka sekaligus juga peserta didik menumbuhkan keterampilan dalam memecahkan masalah. Apabila peserta didik menguasai, memiliki dan terampil menggunakan konsep, diharapkan nantinya peserta didik akan meningkatkan prestasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
   Dengan demikian dapat diasumsikan bahwa penerapan dan penggunaan media kartun edukatif dalam kegiatan pembelajaran akan mampu meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik terhadap materi yang dipelajari tersebut. Skema kerangka pemikiran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
Text Box: Model pembelajaran: penggunaan kartun edukatif dan variasi strategi pembelajaran

Gambar 1. Skema kerangka pemikiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda