Jumat, 24 April 2015

Hipotesis Tindakan PTK PAI

Alternatif tindakan perbaikan dapat dilihat sebagai hipotesis dalam arti mengindikasikan dugaan mengenai perubahan dalam arti perbaikan yang bakal terjadi jika suatu tindakan dilakukan. Hipotesis tindakan harus dapat diuji secara empirik. Itu berarti bahwa baik proses “implementasi” tindakan yang dilakukan maupun dampak yang diakibatkannya dapat diamati oleh guru yang merupakan aktor dalam PTK maupun mitra kerjanya. Sebagian dan gejala-gejala yang dapat diamati itu dapat dinyatakan dengan angka-angka namun sebagian lagi hanya dapat diberikan secara kualitatif. Namun, yang paling penting gejala-gejala tersebut harus dapat diverifikasi oleh pengamat lain, apabila diperlukan.[1]

Dalam penelitian tindakan kelas ini, hipotesis tindakannya adalah “penggunaan media kartun edukatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik.”



[1] Imam, dkk, Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia, (Jakarta : Dit. PLP Ditjen Dikdasmen Depdiknas, 2004), hal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda