Sabtu, 25 April 2015

Hasil Penelitian Terdahulu

Menurut Erhas Prasetyo bahwa pembelajaran menggunakan media karikatur terbukti efektif meningkatkan prestasi belajar peserta didik.[1]Sedangkan menurut Riska Dwi Novianti dan dan M. Syaichudin bahwa penggunaan komik dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.[2]

Sementara itu, Anatri Desstya, dkk menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap prestasi kognitif peserta didik.[3] Ahmad Zainul Arifin juga berpendapat bahwa penggunaan media animasi dalam pembelajaran akan menyenangkan bagi peserta didik dan dapat meningatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan.[4]



[1] Erhas Prasetyo, Keefektifan Penggunaan Media Karikatur dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Mranggen Demak Tahuan Ajaran 2012/2013, Skripsi, (Semarang : IKIP PGRI Semarang, 2013), hal. viii.
[2] Riska Dwi Novianti & M. Syaichudin, Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Peserta didik Kelas V SDN Ngembung, Karya Ilmiah, (Surabaya : Universitas Surabaya, tt), hal. 1.
[3] Anatri Desstya, dkk, Pembelajaran Kimia dengan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Media Animasi dan Kartu Ditinjau dari Memori dan Gaya Belajar Peserta didik, Jurnal Inkuiri, ISSN : 2252-7892, Vol. 3, 2012, hal. 177 – 182, (Surakarta : Universitas Sebelas Maret, 2012).
[4] Ahmad Zainul Arifin, Pemanfaatan Media Animasi dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Shalat Kelas V di SDN 2 Semangkak Klaten Jawa Tengah, Skripsi, (Yogyakarta : Universitas Negeri Sunan Kalijaga, 2013), hal. ix.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda