Menurut
Erhas Prasetyo bahwa pembelajaran menggunakan media karikatur terbukti efektif
meningkatkan prestasi belajar peserta didik.[1]Sedangkan menurut Riska Dwi
Novianti dan dan M. Syaichudin bahwa penggunaan komik dalam pembelajaran dapat
meningkatkan pemahaman peserta didik.[2]
Sementara
itu, Anatri Desstya, dkk menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
animasi terhadap prestasi kognitif peserta didik.[3] Ahmad Zainul Arifin juga
berpendapat bahwa penggunaan media animasi dalam pembelajaran akan menyenangkan
bagi peserta didik dan dapat meningatkan pemahaman peserta didik terhadap
materi pembelajaran yang disampaikan.[4]
[1] Erhas Prasetyo, Keefektifan Penggunaan Media Karikatur dalam
Pembelajaran Menulis Cerpen pada Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Mranggen
Demak Tahuan Ajaran 2012/2013, Skripsi, (Semarang : IKIP PGRI Semarang,
2013), hal. viii.
[2] Riska Dwi Novianti &
M. Syaichudin, Pengembangan Media Komik
Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab
Pecahan pada Peserta didik Kelas V SDN Ngembung, Karya Ilmiah, (Surabaya :
Universitas Surabaya, tt), hal. 1.
[3] Anatri Desstya, dkk, Pembelajaran Kimia dengan Metode Teams Games
Tournaments (TGT) Menggunakan Media Animasi dan Kartu Ditinjau dari Memori dan
Gaya Belajar Peserta didik, Jurnal Inkuiri, ISSN : 2252-7892, Vol. 3, 2012,
hal. 177 – 182, (Surakarta : Universitas Sebelas Maret, 2012).
[4] Ahmad Zainul Arifin, Pemanfaatan Media Animasi dalam Peningkatan
Hasil Belajar pada Pembelajaran Shalat Kelas V di SDN 2 Semangkak Klaten Jawa
Tengah, Skripsi, (Yogyakarta : Universitas Negeri Sunan Kalijaga, 2013),
hal. ix.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda