Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar : 2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kitab suci Alquran
2. Siswa dapat menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Beriman kepada kita-kitab Allah SWT
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahasbahan ajar kitab suci Alquran
2. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya membahas tentang kedudukan Alquran bagi umat Islam
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Menyampaikan materi sebelumnya dengan ringkas
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan
F Meberikan pertanyaan kepada siswa tentang manfaat dari membaca Alquran
F Menyampaikan pengantar tentang bahan ajr yang akan disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang materi bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian kitab suci Alquran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan kelebihan kitab suci Alquran dari kitab-kitab suci sebelumnya
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kedudukan Alquran bagi umat Islam
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang kedudukan Alquran bagi umat Islam secara berkelompok dan individu
F Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak dam memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan nama-nama kitab Allah SWT beserta nama para Rasul yang menerimanya
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Alquran (juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan pengertian kitab suci Alquran | Tes tulis | Essay | Ø Apa yang dimaksud dengan kitab suci Alquran? |
Ø Menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam | Tes tulis | Jawaban singkat | Ø Bagaimana kedudukan Alquran sebagai kitab suci terakhir yang merupakan pedoman hidup bagi umatIslam? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda