Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 10. Mengenal puasa wajib
Kompetensi Dasar : 10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa
Ramadan
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa Ramadan
2. Siswa dapat menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Puasa Ramadan dan puasa sunah
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas pengertian puasa Ramadan dan ketentuan-ketentuannya
2. Siswa berlatih menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman mereka tentang puasa
F Memberikan cerita menarik dari bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak uraian yang dijelaskan guru dari bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi puasa Ramadan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membaca lafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur
F Siswa menghafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur
F Siswa diperkenalkan tentang ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
F Siswa menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta untuk melafalkan kembali doa berbuka puasa dan doa ketika sahur secara bersama-sama
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan tentang ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah di karton
2. Teks lafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur di karton
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menejelaskan pengertian puasa Ramadan Ø Menyebutkan ketentuan- ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah | Tes Tulis Tes Tulis | Jawaban singkat Jawaban singkat | Ø Apa yang kamu ketahui tentang definisi puasa? Ø Apa saja yang termasuk puasa sunah? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda