Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 6. Membaca surah-surah Aquran
Kompetensi Dasar : 6.2 Membaca Surah An Nasr dengan lancar
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr
3. Siswa dapat mengartikan Surah An Nasr
4. Siswa dapat menghafal Surah An Nasr
5. Siswa dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Metode Pembelajaran
1. Surah An Nasr
Metode Pembelajaran
1. Siswa melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar
2. SIswa berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr
3. Siswa berlatih mengartikan Surah An Nasr
4. Siswa menghafalkan Surah An Nasr
5. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa melalui kisah sebab turunnya Surah An Nasr
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar dengan klasikal, kelompok dan individu secara berulang-ulang
F Siswa melafalkan Surah An Nasr dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
F Siswa mengartikan Surah An Nasr secara kelompok dan menampilkan kemampuannya melalui wakil masing-masing kelompok di depan kelas
F Siswa menghafal Surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar hukum bacaan yang ada pada Surah An Nasr
F Guru memberi tugas siswa untuk menyalin Surah An Nasr dalam buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Teks lafal Surah An Nasr beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD Alquran
7. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan Surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar Ø Menerapkan hukum bacaan pada surah An Nasr Ø Mengartikan Surah An Nasr Ø Menghafal Surah An Nasr Ø Menyalin ayat dan kalimat Alquran | Tes lisan Tes lisan Tes tulis Tes lisan Tes tulis | Pelafalan Pelafalan Jawaban singkat Hafalan Jawaban singkat | Ø Lafalkan surah An Nasr ! Ø Bacalah surah An Nasr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar! Ø Apa arti kalimat, نَصْرُاللَّهِ وَالْفَتْحُ؟ Ø Hafalkan surah An Nasr Ø فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda