Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT
3. Siswa meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT dalam praktik keseharian mereka
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang telah dipelajari sebelumnya
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui kisah dalam Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ibrahim, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua mengunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ibrahim terhadap Allah SWT menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan ketaatannya terhadap orangtua dan Allah SWT
F Guru menunjuk beberapa siswa untuk memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan
Alat / Sumber Belajar
1. Teks kisah Nabi Ibrahim AS
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
5. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS
6. Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orangtua dan terhadap Allah SWT | Tes tulis | Jawaban singkat |
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda