Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 10. Mengenal puasa wajib
Kompetensi Dasar : 10.2 Menyebutkan hikmah puasa Ramadan
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan hikmah puasa Ramadan
2. Siswa dapat mempraktikkan puasa sunah Senin dan Kamis
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Puasa Ramadan dan puasa sunah.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas hikmah puasa Ramadan
2. Siswa berlatih menyebutkan menyebutkan hikmah puasa Ramadan
3. Siswa mempraktikkan puasa sunah Senin dan Kamis
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman mereka tentang materi puasa Ramadan
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak uraian yang dijelaskan guru dari bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang pengalaman puasa Ramadan mereka
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan hikmah puasa Ramadan secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menyebutkan keutamaan dari puasa sunah-puasa sunah yang lain
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta untuk melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan oleh guru
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan tentang ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah di karton
2. Teks lafal doa berbuka puasa dan doa ketika sahur di karton
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Alquran (juz Amma)
7. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Mempraktikkan puasa Senin dan Kamis | Tes Tulis | Jawaban singkat | Puasa dapat mendidik seseorang agar memiliki jiwa sosial, apa maksudnya? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda