Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas IV SK. 10.1

Sekolah                               :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                  :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :   IV / 2
Standar Kompetensi         :   10.       Melaksanakan zikir dan doa
Kompetensi Dasar             :   10.1     Melakukan zikir setelah salat
Alokasi Waktu                   :   6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran      
1.      Siswa dapat melafalkan bacaan zikir
2.      Siswa menghafal bacaan zikir setelah salat
3.      Siswa berlatih mengartikan bacaan zikir setelah salat
4.      Siswa menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran       
1. Bacaan zikir dan doa

Metode Pembelajaran      
1.      Siswa melafalkan bacaan zikir setelah salat
2.      Siswa menghafal zikir setelah salat
3.      Siswa berlatih mengartikan bacaan zikir setelah salat
4.      Siswa menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kegiatan apa yang mereka lakukan setelah salat
F memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna melalui fitur mutiara islam
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diperkenalkan bacaan-bacaan zikir setelah salat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan zikir setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal bacaan zikir setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai hafalan menampilkan hafalannya di depan kelas
F Siswa mengartikan bacaan zikir secara kelompok dan masing-masing wakil kelompok menampilkan kemampuannya di depan kelas
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta kembali melafalkan zikir beserta artinya secara klasikal dan kelompok
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis zikir-zikir setelah salat di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks lafa zikir di karton
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku-buku lain yang relevan
5.     Kaset/CD tentang  kumpulan zikir dan doa
6.     Pengalaman guru
7.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan bacaan zikir setelah Sholat
Ø  Menghafal bacaan zikir setelah salat
Ø  Mengartikan bacaan zikir setelah salat
Ø  Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat

Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
Tes lisan

Pelafalan
Hafalan
Jawaban singkat
Pelafalan

Ø  Lafalkan bacaan zikir setelah salat beserta artinya!
Ø  Hafalkan bacaan zikir setelah salat!
Ø  Jelaskan bagaimana bacaan zikir setelah salat!
Ø  Tulislah bacaan tahmid dengan lengkap!

Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006              NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda