Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 10. Melaksanakan zikir dan doa
Kompetensi Dasar : 10.1 Melakukan zikir setelah salat
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan bacaan zikir
2. Siswa menghafal bacaan zikir setelah salat
3. Siswa berlatih mengartikan bacaan zikir setelah salat
4. Siswa menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Bacaan zikir dan doa
Metode Pembelajaran
1. Siswa melafalkan bacaan zikir setelah salat
2. Siswa menghafal zikir setelah salat
3. Siswa berlatih mengartikan bacaan zikir setelah salat
4. Siswa menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kegiatan apa yang mereka lakukan setelah salat
F memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna melalui fitur mutiara islam
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diperkenalkan bacaan-bacaan zikir setelah salat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan zikir setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal bacaan zikir setelah salat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai hafalan menampilkan hafalannya di depan kelas
F Siswa mengartikan bacaan zikir secara kelompok dan masing-masing wakil kelompok menampilkan kemampuannya di depan kelas
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta kembali melafalkan zikir beserta artinya secara klasikal dan kelompok
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis zikir-zikir setelah salat di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Teks lafa zikir di karton
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan bacaan zikir setelah Sholat Ø Menghafal bacaan zikir setelah salat Ø Mengartikan bacaan zikir setelah salat Ø Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat | Tes lisan Tes lisan Tes tulis Tes lisan | Pelafalan Hafalan Jawaban singkat Pelafalan | Ø Lafalkan bacaan zikir setelah salat beserta artinya! Ø Hafalkan bacaan zikir setelah salat! Ø Jelaskan bagaimana bacaan zikir setelah salat! Ø Tulislah bacaan tahmid dengan lengkap! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda