Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW
2. Siswa dapat meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Perilaku masa kanak-kanak dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih menyebutkan sifa-sifat Nabi Muhammad
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad
3. Siswa mencontoh perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW dalam praktik keseharian mereka
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan seputar pengetahuan siswa tentang kisah Nabi Muhammad SAW
F Memperkenalkan bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara islam dan Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mencermati penjelasan guru tentang bahan ajar yang di sampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW secara klasikal, kelompok, dan individu
F Siswa menyampaikan pendapatnya tentang sifat-sifat Nabi Muhammad yang patut diteladani
F Siswa menunjukkan manfaat dari meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa menyimpulkan kisah yang ada di Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari yang telah dibacakan
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman dan ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Teks cerita kisah Nabi MuhammadSAW
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
5. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
6. Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW | Tes tulis | Pilihan ganda |
a. jujur b. dipercaya c. kikir d. pemurah |
Ø Meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad | Tes tulis | Jawaban singkat |
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda