Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 6. Membaca surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca surah Alquran dengan lancar
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan Surah Al Kausar dengan makhraj dan harakat yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Kausar
3. Siswa dapat mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa dapat menghafal Surah Al Kausar
5. Siswa dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Surah Al Kausar
Metode Pembelajaran
1. Siswa melafalkan Surah Al Kausar sacara klasikal, kelompok dan individu dengan makhraj dan harakat yang benar
2. Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Kausar
3. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa menghafalkan Surah Al Kausar
5. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa melalui fitu mutiara islam dan Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Membaca surah Alquran dengan lancar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Al Kausar dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa melafalkan Surah Al Kausar dengan menerapkan hukum bacaan yang ada di Surah Al Kausar dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
F Siswa mengartikan Surah Al Kausar secara kelompok dan menampilkan kemampuannya melalui wakil masing-masing kelompok di depan kelas
F Siswa menghafal Surah Al Kausar secara klasikal kelompok dan individu
F Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar hukum bacaan yang ada pada Surah Al Kausar
F Guru memberi tugas siswa untuk menyalin Surah Al Kausar di buku tugas
F Guru membacakan kesimpulan dari materi Surah Al Kausar yang telah disampaikan
Alat / Sumber Belajar
1. Teks lafal Surah Al Kausar beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset/CD Alquran
7. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan Surah Al Kausar dengan makhraj dan harakat yang benar Ø Menerapkan hukum bacaan pada surah Al quran Ø Mengartikan Surah Al Kausar Ø Menghafal Surah Al Kausar Ø Menyalin ayat dan kalimat Alquran | Tes lisan Tes lisan Tes tulis Tes lisan Tes tulis | Pelafalan Pelafalan Pelafalan Hafalan Jawaban singkat | Ø Lafalkan surah Al Kausar! Ø Bacalah surah Al Kausar sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar! Ø Apakah arti ayat فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ Ø Hafalkan surah Al Kausar! Ø ان شانئك هوالابتر Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda