Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 1.2


Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   V / 1
Standar Kompetensi   :    1.   Mengartikan Alquran surah  pendek pilihan
Kompetensi Dasar      :    1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun
Alokasi Waktu             :   6 x 35 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan benar
2.      Siswa dapat memahami isi pokok dari Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3.      Siswa dapat menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1. Surah Al Lahab dan Al Kafirun.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa berlatih mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun
2.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas isi pokok Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3.      Siswa berlatih menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah- surah yang telah dihafal siswa 
F Memberikan  pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan(melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siwa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara bersama-sama
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per ayat Surah Al Lahab dan Al Kafirun
F Siswa mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang isi pokok Surah Al Lahab dan Al Kafirun
F Siswa menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada pada halaman
F Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman  dan menulisnya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.      Alquran (Juz Amma)
2.      Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun beserta artinya di karton atau papan tulis
3.      Kaset/CD tentang Alquran 
4.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
5.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.      Buku tajwid atau buku-buku lain yang relevan
7.      Pengalaman guru
8.      Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Mengartikan  Surah Al lahab dan AlKafirun
Ø  Menunjukkan hafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun 
Tes tulis
Tes lisan
Pemaknaan
Pelafalan

1.      Artikan ayat-ayat di bawah ini:
a.       Ayat 2 Surah Al Lahab
b.      Ayat 5 Surah Al Kafirun
c.       Ayat 4 Surah Al Lahab
2.      Hafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun!



Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda