Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas IV SK. 9.2

Sekolah                               :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                  :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :   IV / 2
Standar Kompetensi         :   9.         Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar             :   9.2       Meneladani perilaku Nabi Ismail AS
Alokasi Waktu                   :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran      
1.      Siswa dapat meneladani perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan Allah SWT

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran       
1. Ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan  Allah SWT

Metode Pembelajaran      
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan Allah SWT
2.      Siswa berlatih menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtuanya dan Allah SWT
3.      Siswa meneladani perilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Ismail AS yang telah dipelajari sebelumnya
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara Islam
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ismail AS sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah ketaatan Nabi Ismail AS terhadap orangtuanya dan Allah SWT menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang ketaatan Nabi Ismail AS terhadap orangtuanya dan Allah SWT
F Siswa memberikan contoh perilaku taat terhadap orang tua dari pengalaman merekea sehari-hari
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitasyang ada di hal
F Guru perlu memberikan arahan dan petunjuk kepada siswa sebelum melakukan aktivitas
F Siswa menyimak bacaan intisari yang disampaikan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks kisah Nabi Ismail AS
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
5.     Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS
6.     Alquran 
7.     Pengalaman guru
8.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Meneladani ketaatan Nabi Ismail terhadap orangtua dan Allah SWT
Tes tulis

Jawaban
singkat

1.    Jelaskan bagaimana ketaatan Nabi Ismail terhadap ayahnya dan Allah SWT ketika perintah untuk disembelih kepadanya?

Ø  Meneladani perilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis

Jawaban
singkat

2.        Karena kepatuhan Ismail terhadap Allah dan Bapaknya, apa yang ia dapat?

Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006              NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda