Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 4.2

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   V / 1
Standar Kompetensi   :    4.   Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar      :    4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS
Alokasi Waktu            :    3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
2.      Siswa dapat meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir’aun
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
                                                             
Materi Pembelajaran 
1.      Keteladanan Nabi Musa As.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas  keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT dan keberanian beliau melawan Raja Fir’aun
2.      Siswa menyebutkan sikap keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT dan keberanian beliau tehadap Raja Fir’aun dari kisah yang dipelajari
3.      Siswa meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT dan keberanian beliau dalam praktik keseharian

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar kisah Nabi Musa AS yang telah dipelajari
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa membacakan kisah Nabi Musa AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan dan menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
F Siswa mengemukakan pendapat tentang keberanian Nabi Musa As melawan Raja Fir’aun
F Siswa diminta menyebutkan contoh-contoh sikap keteguhan iman dan keberanian dalam kebenaran melalui pengalaman mereka sehari-hari
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta pendapatnya dari kisah Nabi Musa AS tentang keteguhan iman Nabi Musa As terhadap Allah SWT dan keberanian beliau melawan Raja Fir’aun secara berkelompok dan individu
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan

Alat / Sumber Belajar
1.      Teks kisah Nabi Musa AS
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Buku kisah-kisah Nabi
5.      Kaset/CD tentang  tentang kisah-kisah Nabi
6.      Alquran (juz Amma)
7.      Pengalaman guru
8.      Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT
Ø  Meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir`aun.
Tes tulis
Tes tulis
Essay
Jawaban singkat
Ø  Cobaan apa saja yang dihadapi Nabi Musa dalam menjalankan perintah Allah SWT?
Ø  Bagaimana usahamu agar memiliki keberanian seperti Nabi Musa AS?
Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda