Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 3.1

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   1/ 1
Standar Kompetensi   :   3.   Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar       :  3.1  Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
Alokasi Waktu             :   3 x 35        menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
2.      Siswa dapat menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1. Kisah Nabi Ayyub AS.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub
2.      Siswa berlatih menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Nabi Ayyub AS
F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang cobaan yang pernah dialami mereka
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ayyub AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub AS secara individu dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
F Siswa menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS
F Siswa membandingkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS dengan cobaan yang pernah mereka alami
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang materi kisah Nabi Ayyub AS yang telah dipelajari
F Siswa diminta menyimpulkan materi yang telah disampaikan dengan ringkas

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks kisah Nabi Ayyub AS
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku-buku kisah Nabi
5.     Alquran (juz Amma)
6.     Kaset/CD tentang  tentang kisah Nabi
7.     Pengalaman guru
      
Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
Ø  Menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS

Tes tulis
Tes tulis
Essay
Jawaban singkat
1.      Ceritakan dengan singkat bagaimana cara Allah menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub AS?
2.      Nabi Ayyub AS dijauhi oleh para tetangganya dan kerabatnya karena…
a. buta
b. miskin
c. memiliki penyakit kulit


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda