Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 8.2

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   V / 2
Standar Kompetensi   :    8.   Menceritakan kisah sahabat Nabi
Kompetensi Dasar      :    8.2 Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
Alokasi Waktu            :    3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menceritakan kembali kisah Khalifah Umar bin Khattab    RA

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1. Kisah Khalifah Umar bin Khattab.
          
Metode Pembelajaran    
1.      Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2.      Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas tentang kisah Khalifah Umar bin Khattab RA

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal kisah)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membacakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA, sedangkan siswa yang lain mendengarkan dan menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang disampaikan

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Khalifah Umar bin Khattab RA secara individu
F Siswa menyebutkan keutamaan yang dimiliki Khalifah Umar bin Khattab RA
F Siswa menyebutkan usaha yang dilakukan Khalifah Umar bin Khattab RA selama menjadi khalifah
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa membaca dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan di halaman dan menuliskannya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.      Teks kisah Khalifah Umar bin Khattab RA
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Buku-buku kisah Sahabat Nabi
5.      Kaset/CD tentang  tentang kisah sahabat Nabi
6.      Pengalaman guru

Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab
Tes Tulis
Essay
Ø  Mengapa Umar bin Khattab dijuluki singa padang pasir?



Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda