Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 2.1

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   V / 1
Standar Kompetensi   :    2.   Mengenal kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar      :    2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah   SWT
2.      Siswa dapat menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect) , tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1. Beriman kepada kitab Allah SWT.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
2.      Siswa berlatih menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar penegetahuan siswa tentang nama-nama kitab Allah SWT
F Memberi pendahuluan menggunakan fitur Mutiara Islam tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
F Siswa menyampaikan pendapat tentang definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
F Siswa diperkenalkan tentang materi nama-nama kitab Allah SWT
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok, dan individu
F Siswa menghafal nama-nama kitab Allah SWT
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mendengarkan siswa mengulang penyebutan nama-nama kitab Allah SWT secara berkelompok
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan

Alat / Sumber Belajar
1.     Tulisan nama-nama kitab Allah SWT di karton atau papan tulis
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku-buku lain yang relevan
5.     Alquran (juz amma)
6.     Pengalaman guru
7.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
Ø  Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
Tes tulis
Tes tulis
Essay
Jawaban singkat
Ø  Apa definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT?
Ø  Sebutkan 4 dari kitab suci yang tergolong kitab samawi!




Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda