Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal ibadah bulan Ramadan
Kompetensi Dasar : 5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan
Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mempraktikkan/mengamalkan salat tarawih di bulan Ramadan
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Ibadah di bulan Ramadan
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengkaji gerakan dan bacaan salat tarawih, serta keutamaannya
2. Siswa berlatih mempraktikkan salat tarawih
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan seputar ibadah dan amal yang dilakukan siswa pada bulan Ramadan
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disamppaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa diperkenalkan tentang materi salat tarawih
F Siswa memperhatikan gambar peraga salat tarawih
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan niat salat tarawih secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal niat salat tarawih
F Siswa mempraktikkan salat tarawih secara klasikal, dan kelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar masalah salat tarawih
F Siswa diminta menulis 3 manfaat dari salat tarawih di bulan Ramadan
Alat/Sumber belajar
1. Teks lafal niat salat tarawih
2. Gambar peraga salat tarawih
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku tatacara salat
6. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Mempraktikkan/mengamalkan salat tarawih di bulan Ramadan | Tes tulis | Jawaban singkat | Ø Berapa rakaat jumlah salat tarawih? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda