Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 10. Mengetahui kewajiban zakat
Kompetensi Dasar : 10.1 Menyebutkan macam-macam zakat
Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat
2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam zakat
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Hal Zakat
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas pengertian zakat
2. Siswa berlatih menyebutkan macam-macam zakat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengertahuan tentang zakat
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian zakat
F Siswa diperkenalkan macam-macam zakat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan macam-macam zakat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa diperkenalkan materi tentang orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahiq)
F Siswa menyebutkan orang-orang yang berhak menerima zakat secara klasikal, kelompok dan individu.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang definisi zakat dan macam-macam zakat
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan
Alat/Sumber belajar
1. Ayat Alquran atau hadis yang menerangkan masalah zakat
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku fiqih atau buku-buku lain yang relevan
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan pengertian zakat Ø Menyebutkan maca-macam zakat | Tes tulis Tes tulis | Essay Jawaban singkat | Ø Apa yang kamu ketahui tentang definisi zakat? Ø Sebutkan macam-macam zakat yang telah kamu pelajari! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda