Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas VI SK. 6.2

Sekolah                           : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester              : VI/2
Standar Kompetensi     : 6.          Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar         : 6.2        Mengartikan QS Al Maidah ayat 3 dan
                                                       Al Hujurat ayat 13
Alokasi Waktu               : 6x35     menit (2x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran  
1.      Siswa dapat mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
2.      Siswa dapat menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran   
1. Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13

Metode Pembelajaran  
1.      Siswa berlatih mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
2.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari materi yang disampaikan melalui kisah dalam Sepenggal Kisah
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian yang disampaikan oleh guru

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara klasikal, kelompok, dan individu
F Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara klasikal, kelompok dan individu
F  Siswa menampilkan kemampuan mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di depan kelas
F  Siswa mengemukakan pendapat tentang arti/isi pokok Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa menghafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman, dan menulisnya di buku tugas

Alat/Sumber belajar
1.      Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 beserta artinya di karton
2.      Buku Tajwid
3.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
4.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.      Kaset/CD Alquran
6.      Alquran (juz Amma)
7.      Pengalaman guru



Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13

Ø  Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Tes lisan



Tes tulis
Pemaknaan



Essay

Ø  Artikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan lengkap!


Ø  Sebutkan isi pokok Surah Al Hujurat ayat 13!

Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda