Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 3. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar : 3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi
Muhammad SAW
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan peristwa kelahiran Nabi Muhammad SAW
2. Siswa dapat menyebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad SAW
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan Tanya jawab dan diskusi dengan teman-temannya membahas tentang peristwa kelahiran Nabi Muhammad SAW
2. Siswa berlatih menyebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad SAW secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Guru mengulas kembali materi sebelumnya secara ringkas
F Memberikan pengantaryang menarik dan berguna mengenai bahan ajar yang disajikan melalui fitur Mutiara Islam
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkandan mengamati penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa menceritakan kembali peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW berdasarkan penjelasan dari guru dan bahan bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad SAW secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan
F Guru memberikan tugas siswa untuk menulis nasab/keturunan Nabi Muhammad SAW di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Teks cerita kisah Nabi Muhammad SAW
2. Skema nasab/keturunan Nabi Muhammad di karton
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
6. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
7. Alquran
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad Ø Menyebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad | Tes lisan Tes lisan | Essay Jawaban singkat | Ø Peristiwa apakah yang terjadi ketika Nabi Muhammad dilahirkan Ø Sebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad dari garis ayahnya! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda