Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas VI SK. 7.2

Sekolah                           :     SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester              :     VI/2
Standar Kompetensi     :     7.      Meyakini adanya Qada dan Qadar
Kompetensi Dasar         :     7.2    Menunjukkan keyakinan terhadap qada dan
                                                       qadar
Alokasi Waktu               :     3x35 menit (1x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran  
1.      Siswa dapat menyebutkan cara meyakini adanya qada dan qadar

                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran   
1. Iman kepada qada dan qadar.

Metode Pembelajaran  
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannnya membahas cara meyakini adanya qada dan qadar
2.      Siswa berlatih menyebutkan cara meyakini adanya qada dan qadar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Siswa diminta memberikan penjelasan tentang definisi qada dan qadar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengemukakan pendapat tentang cara meyakini adanya qada dan qadar
F Siswa  mengemukakan pendapat tentang sikap mereka terhadap adanya qada dan qadar
F Siswa menyebutkan manfaat dari beriman terhadap qadar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas

Alat/Sumber belajar
1.      Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Buku-buku lain yang relevan
5.      Pengalaman guru
6.      Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar

Tes tulis
Jawaban singkat
Ø  Bagaimanakah menyikapi qada’ dan qadar Allah SWT?


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda