Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 6.2

Sekolah                         :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :    V / 2
Standar Kompetensi   :    6.   Mengartikan QS Al Ma’un dan Al Fil
Kompetensi Dasar      :    6.2 Mengartikan QS Al Ma’un dan Al Fil
Alokasi Waktu             :   6 x 35 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat mengartikan Surah Al Ma’un dan Al Fil
2.      Siswa dapat memahami isi pokok Surah Al Ma’un dan Al Fil
3.      Siswa dapat menghafal Surah Al Ma’un dan Al Fil
                                                                       
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1. Surah Al Ma’un dan Al Fil

Metode Pembelajaran
1.    Siswa berlatih mengartikan Surah Al Ma’un dan Al Fil
2.    Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas isi pokok Surah Al Ma’un dan Al Fil
3.    Siswa menghafal Surah Al Ma’un dan Al Fil

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah yang telah dihafal siswa
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memperkenalkan bahan ajar melalui  fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta membacakan Surah Al Ma’un dan Al Fil secara bersama-sama
F Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per ayat Surah Al Ma’un dan Al Fil
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih mengartikan Surah Al Ma’un dan Al Fil
F Siswa mengemukakan pendapat tentang isi pokok dari Surah Al Ma’un dan Al Fil
F Siswa menghafal Surah Al Ma’un dan Al Fil
F Siswa mengulang-ulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa diminta menulis Surah Al Ma’un dan Al Fil di buku tugas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Mengadakan Tanya jawab dengan siswa tentang seputar isi pokok Surah Al Ma’un dan Al Fil
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.      Teks lafal Surah Al Ma’un dan Al Fil Fil beserta artinya di karton
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Buku Tajwid
5.      Kaset/CD tentang  Alquran
6.      Alquran (juz Amma)
7.      Pengalaman guru
8.      Lingkungan sekitar



Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil




Ø  Menunjukkan hafal Surah Al Ma`un dan Al Fil
Tes Tulis





Tes Tulis
Pemaknaan





Hafalan
Ø  Sebutkan arti dari ayat-ayat di bawah ini:
a. ayat ke-3 Surah Al Ma`un
b. ayat ke-2 Surah Al Fil
c. ayat ke-5 Surah Al Ma`un
Ø  Hafalkan Surah Al Ma`un dan al Fil!


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006           NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda