Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal ketentuan salat
Kompetensi Dasar : 5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan
salat
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat
2. Siswa dapat menunjukkan contoh salat yang batal
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Hal-hal yang membatalkan salat.
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat
2. Siswa berlatih menunjukkan contoh salat yang batal
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman mereka tentang rukun salat, sunah salat dan syarat sah salat
F Mengkorelasikan materi sebulumnya dengan bahan ajar (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menunjukkan contoh salat yang batal
F Siswa melafalkan zikir sesudah salat secara klasikal, dan individu
F Siswa melafalkan doa-doa sesudah salat secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa membaca intisari, sedangkan siswa yang lain menyimak
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar
1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton
2. Tulisan hal-hal yang membatalkan salat
3. Buku tata cara salat
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Alquran (Juz Amma)
7. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat
8. Pengalaman guru
9. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menyebutkan hal yang membatalkan salat Ø Menunjukkan contoh salat yang batal | Tes tulis Tes tulis | Jawaban singkat Pilihan ganda | 1. Sebutkan tiga hal yang membatalkan salat! 2. Buang angin (kentut) termasuk hadas . . ..? a. besar b. sedang c. kecil d. d. berat |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda