Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas IV SK. 8.1

Sekolah                               :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                  :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :   IV / 2
Standar Kompetensi         :   8.   Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar             :   8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
Alokasi Waktu                   :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran      
1.      Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya
2.      Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud
3.      Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
4.      Siswa dapat meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam  praktik keseharian mereka

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran       
1. Kisah Nabi Ibrahim AS

Metode Pembelajaran      
1.      Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas kisah Nabi Ibrahim AS dengan orangtuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud, Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
2.      Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud dan Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
3.      Siswa memperaktikan perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam praktik keseharian mereka

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kisah-kisah Nabi yang telah dipelajari sebelumnya
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara islam
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ibrahim, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orantuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orangtuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F Siswa menceritakan kembali tentang kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian secara kelompok dan individu dengan bahasa sendiri
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang perilaku sabar dan ketaguhan hati Nabi Ibrahim AS
&  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang telah di pelajari
F Guru memberikan kesimpulan ringkas tentang materi yang disampaikan

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks kisah Nabi Ibrahim AS
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
5.     Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS
6.     Alquran (Juz Amma)
7.     Pengalaman guru
8.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya
Ø  Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud
Ø  Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
Ø  Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim

Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis

Jawaban singkat
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Essay
1.        Siapakah nama ayah Nabi Ibrahim AS?

2.        Mengapa raja Namrud mengeluarkan perintah membunuh setiap bayi laki-laki?
3.        Apa mujizat Nabi Ibrahim AS!
4.        Apa mujizat Nabi Ibrahim AS!

Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006              NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda