Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 8. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar : 8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya
2. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud
3. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
4. Siswa dapat meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam praktik keseharian mereka
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Kisah Nabi Ibrahim AS
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas kisah Nabi Ibrahim AS dengan orangtuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud, Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya, Nabi Ibrahim dengan Raja Namrud dan Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian
3. Siswa memperaktikan perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam praktik keseharian mereka
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang kisah-kisah Nabi yang telah dipelajari sebelumnya
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur mutiara islam
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ibrahim, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orantuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS dengan orangtuanya menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F Siswa menceritakan kembali tentang kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian secara kelompok dan individu dengan bahasa sendiri
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang perilaku sabar dan ketaguhan hati Nabi Ibrahim AS
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah Nabi Ibrahim AS yang telah di pelajari
F Guru memberikan kesimpulan ringkas tentang materi yang disampaikan
Alat / Sumber Belajar
1. Teks kisah Nabi Ibrahim AS
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
5. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS
6. Alquran (Juz Amma)
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuanya Ø Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud Ø Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian Ø Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Jawaban singkat Jawaban singkat Jawaban singkat Essay | 1. Siapakah nama ayah Nabi 2. Mengapa raja Namrud mengeluarkan perintah membunuh setiap bayi laki-laki? 3. Apa mujizat Nabi 4. Apa mujizat Nabi |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda