Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 7. Meyakini adanya qada dan qadar
Kompetensi Dasar : 7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada dan qadar
Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian qada dan qadar
2. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Iman kepada qada dan qadar.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannnya membahas pengertian qada dan qadar
2. Siswa berlatih menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Meminta pendapat siswa tentang masalah usia, rejeki, dan kematian seseorang.
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi qada dan qadar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan perbedaan qada dan qadar
F Siswa menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar dari pengalaman hidup sehari-hari
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar penmahaman siswa tentang masalah pengertian qada dan qadar, dan contoh-contohnya.
F Siswa diminta memberi kesimpulan singkat dari materi yang disampaiakan
Alat/Sumber belajar
1. Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan pengertian qada’dan qadar Ø Menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar | Tes tulis Tes tulis | Essay Pilihan ganda | Ø Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian qada’ dan qadar? Ø Ketentuan Allah terhadap hamba-Nya yang dapat berubah disebut… a. Qada’ b. Qadar c. Iman |
Ø Menyebutkan manfaat setia kawan | Tes tulis | Jawaban singkat | Ø Apa saja manfaat yang dapat diambil dari perilaku setia kawan? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda