Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 3.2

Sekolah                             :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                :    Pndidikan Agama Islam
Kelas / Semester              :    V/1
Standar Kompetensi       :    3.          Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar           :     3.2       Menceritakan kisah Nabi Musa AS
Alokasi Waktu                 :    3 x 35   menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran         
1.      Siswa dapat menceritakan kisah Nabi Musa AS
2.      Siswa dapat menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Musa AS

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran          
1. Kisah Nabi Musa AS.

Metode Pembelajaran    
1.      Siswa berlatih menceritakan kembali kisah-kisah Nabi Musa AS
2.      Siswa berlatih menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Musa AS

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Nabi Musa AS
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Beberapa siswa membaca kisah Nabi Musa AS, sedangkan siswa yang lain  mendengarkan
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Musa AS secara individu dan menampilkan kemampuannnya di depan kelas
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menyebutkan pertolongan-pertolongan Allah yang mereka dapatkan ketika menemui kesulitan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang kisah Nabi Musa AS
F Siswa diminta menyimpulkan materi yang telah disampaikan denga ringkas
      
Alat / Sumber Belajar
1.     Teks kisah Nabi Musa AS
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku-buku kisah Nabi
5.     Alquran (juz Amma)
6.     Kaset/CD tentang  tentang kisah-kisah Nabi      
7.     Pengalaman guru

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menceritakan kisah Nabi Musa AS
Ø  Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS

Tes tulis
Tes tulis
Essay
Pilihan ganda
1.      Bagaimana peristiwa yang dialami Nabi Musa AS ketika belajar dengan Nabi Khizir?
2.      Mukjizat Allah kepada Nabi Musa diantaranya adalah tongkat yang dapat berubah menjadi…
a.       mutiara
b.      ular
c.       laba-laba



Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda