Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 5.1

Sekolah                        :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   V / 1
Standar Kompetensi   :    5.   Mengumandangkan azan dan iqamah
Kompetensi Dasar      :    5.1 Melakukan azan dan iqamah sebelum salat
Alokasi Waktu            :    6 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat melafalkan azan dan iqamah
2.      Siswa dapat menunjukkan hafal azan dan iqamah
3.      Siswa dapat mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1. Lafal azan dan iqamah

Metode Pembelajaran
1.      Siswa berlatih melafalkan azan dan iqamah
2.      Siswa berlatih menghafalkan azan dan iqamah
3.      Siswa mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengetahuan mereka tentang azan dan iqamah
F Memberi pendahuluan menggunakan fitur Mutiara Islam  dan Sepenggal Kisah tentang bahan ajar yang disampaikan
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan lafal azan dan iqamah
F Siswa melafalkan azan dan iqamah secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa mengulang-ulang melafalkan azan dan iqamah
F Siswa menghafal azan dan iqamah secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa diperkenalkan cara menjawab azan dan tatacara azan dan iqamah
F Siswa diperkenalkan doa setelah azan
F Siswa mempraktikkan azan dan iqamah secara berkelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman  , ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.      Teks lafal azan dan jawabannya di karton atau papan tulis
2.      Teks doa setelah azan di karton
3.      Teks lafal iqamah di karton atau papan tulis
4.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
5.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.      Buku-buku lain yang relevan
7.      Pengalaman guru
8.      Lingkungan sekitar



Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan azan dan iqamah 

Ø  Menunjukkan hafal lafal azan dan iqamah

Ø  Mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat
Tes lisan

Tes lisan

Praktik
Pelafalan

Hafalan

Praktik
1.        Lafalkan bacaan azan dan iqamah dengan benar!

2.        Hafalkan bacaan lafal azan dan iqamah!

3.        Praktikkan tatacara azan dan iqamah untuk Salat Subuh! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl.5 NTR-Esis halaman)



Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1



3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda