Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas VI SK. 6.1

Sekolah                           : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester              : VI/2
Standar Kompetensi     : 6.          Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar         : 6.1        Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat
                                                       ayat 13
Alokasi Waktu               : 3 x 35   menit (1x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran  
1.      Siswa dapat membaca kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
2.      Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan benar
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran   
1. Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13.

Metode Pembelajaran  
1.      Siswa berlatih membaca kata dan kaliamat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
2.      Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
3.      Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
F Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
F Siswa diminta menulis Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di buku tugas

Alat/Sumber belajar
1.        Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di karton
2.        Buku Tajwid
3.        Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
4.        Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.        Kaset/CD Alquran
6.        Alquran (juz Amma)
7.        Pengalaman guru



Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan kata  dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Ø  Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Tes lisan




Tes lisan
Pelafalan




Pelafalan


Ø  Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar!

Ø  Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan tajwid yang benar!


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda