Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat
ayat 13
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membaca kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13.
Metode Pembelajaran
1. Siswa berlatih membaca kata dan kaliamat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
3. Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
F Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
F Siswa diminta menulis Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di buku tugas
Alat/Sumber belajar
1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di karton
2. Buku Tajwid
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Kaset/CD Alquran
6. Alquran (juz Amma)
7. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 Ø Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 | Tes lisan Tes lisan | Pelafalan Pelafalan | Ø Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar! Ø Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan tajwid yang benar! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda