Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas IV SK. 4.1

Sekolah                               :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                  :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :   IV / 1
Standar Kompetensi         :   4.         Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar             :   4.1       Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam
                                                            AS
Alokasi Waktu                   :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran      
1.      Siswa dapat meneladani taubatnya Nabi Adam AS dalam praktik kesehariannya

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran       
1. Perilaku taubatnya Nabi Adam AS.

Metode Pembelajaran      
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas perilaku taubat-nya Nabi Adam AS
2.      Siswa mencontoh perilaku taubatnya Nabi Adam AS dalam praktik keseharian mereka

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan seputar pengetahuan siswa kisah Nabi Adam AS yang telah dipelajari sebelumnya
F Memperkenalkan bahan ajar yang akan disampaikan melalui fitur Mutiara Islam
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mencermati penjelasan guru tentang bahan ajar yang di sampaikan
F Siswa menyampaikan pendapatnya tentang perilaku taubatnya Nabi Adam AS
F Siswa menceritakan pengalaman mereka tentang perilaku taubat yang pernah mereka lakukan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan doa taubatnya Nabi Adam AS secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal doa taubatnya Nabi Adam AS secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman mereka tentang materi yang disampaikan
F Guru memberikan kesimpulan secara ringkas tentang perilaku taubatnya Nabi Adam AS yang patut diteladani

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks cerita kisah Nabi Adam AS
2.     Tulisan lafal doa taubatnya Nabi Adam AS dikarton atau papan tulis
3.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
4.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5.     Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
6.     Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
7.     Pengalaman guru
8.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Meneladani perilaku Taubatnya Nabi Adam AS

Tes tulis

Jawaban singkat
Ø  Tulislah doa taubatnya Nabi Adam AS!



Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006               NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda