Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas VI SK. 9.2

Sekolah                           :     SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester              :     VI/2
Standar Kompetensi     :     9.      Membiasakan periklaku terpuji
Kompetensi Dasar         :     9.2    Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Ansar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
Alokasi Waktu               :     3x35 menit (1x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran  
1.      Siswa dapat menjelaskan kisah perilaku tolong-menolong kaum Ansar
2.      Siswa dapat meneladani sifat tolong-menolong kaum Ansar dalam terbentuknya Ukhuwah Islamiyah
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran   
1. Membiasakan perilaku terpuji

Metode Pembelajaran  
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas perilaku tolong-menolong kaum Ansar
2.      Siswa menelaah manfaat dari sifat tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari
3.      Siswa meneladani sifat tolong-menolong kaum Ansar dalam praktik keseharian

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengetahuan mereka tentang kisah kaum Ansar
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan kisah kaum Ansar
F Beberapa siswa diminta untuk memberikan kesimpulan singkat dari kisah kaum Ansar
F Siswa mengemukakan pendapat tentang perilaku tolong-menolong kaum Ansar terhadap kaum Muhajirin
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memberikan contoh sifat tolong-menolong berdasarkan pengalaman mereka dalam kehidupan sehari-hari
F Siswa meneyebutkan manfaat dari sifat tolong-menolong
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas

Alat/Sumber belajar
1.      Teks kisah kaum Ansar
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Buku kisah-kisah Islami
5.      Ayat Alquran atau hadis yang menerangkan sifat tolong-menolong
6.      Kaset/CD kisah-kisah Islami
7.      Pengalaman guru
8.      Lingkungan sekitar



Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan kisah perilaku tolong-menolong kaum Ansar t
Ø  Meneladani sifat tolong-menolong kaum ansar dalam terbentuknya Ukhuwah Islamiyah

Tes tulis


Tes tulis
Essay


Jawaban singkat

Ø  Apa manfaat dari perilaku tolong-menolong?

Ø  Bagaimanakah cara terbentuknya Ukhuwah Islamiyah antara kaum Muhajirin dan kaum Ansar?


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006           NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda