Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 4.1

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   V / 1
Standar Kompetensi   :    4.   Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar      :    4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa mampu menunjukkan ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT
2.      Siswa mampu menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1.      Keteladanan Nabi Ayyub AS.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas ketabahan Nabi Ayyub AS
2.      Siswa menunjukkan sikap ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT dari kisah yang dipelajari.
3.      Siswa meneladani perilaku ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah SWT dalam praktik keseharian

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Guru menyampaikan kisah Nabi Ayyub AS secara singkat
F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2.    Kegiatan Inti      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa membacakan kisah Nabi Ayyub AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan sikap ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaan Allah           SWT
F Siswa menyampaikan pendapat tentang sikap mereka ketika menghadapi masalah atau cobaan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyampaikan pendapatnya dari kisah Nabi Ayyub AS tentang ketabahan beliau dalam menghadapi cobaan Allah SWT secara berkelompok dan individu
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang telah disampaikan

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks kisah Nabi Ayyub AS
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku-buku kisah Nabi
5.     Kaset/CD tentang  tentang kisah Nabi
6.     Pengalaman guru
7.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaaan Allah SWT
Tes tulis
Essay
1.      Bagaimana cara meneladani ketabahan Nabi Ayyub As dalam keseharianmu?




Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda