Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas VI SK. 2.1

Sekolah                       : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester          : VI/1
Standar Kompetensi : 2.     Meyakini adanya hari akhir
Kompetensi Dasar     : 2.1   Menyebutkan nama-nama hari akhir
Alokasi Waktu           : 3x35 menit (1x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian hari akhir
2.      Siswa dapat menyebutkan nama-nama hari akhir
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1. Iman kepada hari akhir

Metode Pembelajaran
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas pengertian hari akhir
2.      Siswa berlatih menyebutkan nama-nama hari akhir

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada seputar pengetahuan siswa tentang hari akhir
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi hari akhir
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan tentang materi nama-nama hari akhir
F Siswa menyebutkan nama-nama hari akhir secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal nama-nama hari akhir
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya Jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang materi yang telah disampaikan
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan

Alat/Sumber belajar
1.      Tulisan nama-nama hari akhir
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Kaset/CD tentang hari akhir
5.      Alquran (juz Amma)
6.      Pengalaman guru

Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan pengertian hari akhir

Ø  Menyebutkan nama-nama hari akhir

Tes tulis

Tes tulis
Essay

Jawaban singkat
Ø  Mengapa disebut hari akhir?

Ø  Sebutkan nama-nama hari akhir yang lain!

Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda