Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas VI SK. 2.2

Sekolah                        : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester           : VI/1
Standar Kompetensi  : 2.      Meyakini adanya hari akhir
Kompetensi Dasar      : 2.2    Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
Alokasi Waktu            : 3x35 menit (1x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
1.      Siswa dapat menjelaskan tanda-tanda hari akhir
2.      Siswa dapat menyebutkan contoh kejadian hari akhir
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran  
1. Iman kepada hari akhir.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas tanda-tanda hari akhir
2.      Siswa berlatih menyebutkan contoh kejadian hari akhir

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar materi sebelumnya yang telah disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi hari akhir
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membedakan pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra
F Siswa membandingkan keadaan saat ini dengan tanda-tanda hari akhir
F Siswa menyebutkan contoh kejadian hari akhir
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas

Alat/Sumber belajar
1.      Gambar peraga tentang gambaran suasana hari akhir
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Kaset/CD tentang hari akhir
5.      Alquran (juz Amma)
6.      Pengalaman guru

Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan tanda-tanda hari akhir

Ø  Menyebutkan contoh  kejadian hari akhir

Tes tulis


Tes tulis
Essay


Jawaban singkat
Ø  Bagaimanakah gambaran tanda-tanda hari akhir yang telah dijelaskan dalam Alquran dan hadis Nabi?
Ø  Apa yang dimaksud dengan  yaumul jaza’’?




Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda