Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 2. Meyakini adanya hari akhir
Kompetensi Dasar : 2.2 Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan tanda-tanda hari akhir
2. Siswa dapat menyebutkan contoh kejadian hari akhir
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Iman kepada hari akhir.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas tanda-tanda hari akhir
2. Siswa berlatih menyebutkan contoh kejadian hari akhir
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar materi sebelumnya yang telah disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi hari akhir
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membedakan pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra
F Siswa membandingkan keadaan saat ini dengan tanda-tanda hari akhir
F Siswa menyebutkan contoh kejadian hari akhir
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar
1. Gambar peraga tentang gambaran suasana hari akhir
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Kaset/CD tentang hari akhir
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan tanda-tanda hari akhir Ø Menyebutkan contoh kejadian hari akhir | Tes tulis Tes tulis | Essay Jawaban singkat | Ø Bagaimanakah gambaran tanda-tanda hari akhir yang telah dijelaskan dalam Alquran dan hadis Nabi? Ø Apa yang dimaksud dengan yaumul jaza’’? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda