Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal malaikat dan tugasnya
Kompetensi Dasar : 7.2 Menyebutkan nama-nama malaikat
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan jumlah malaikat
2. Siswa dapat menghafal nama-nama malaikat
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Nama-nama malaikat
Metode Pembelajaran
1. Siswa menyebutkan jumlah malaikat dan nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok dan individu
2. Siswa menghafal nama-nama malaikat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Menanyakan kepada siswa nama-nama malaikat yang sebelumnya telah mereka ketahui
F Memperkenalkan bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengawasi uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan jumlah malaikat dan nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok dan individu
F Ssiwa menghafal nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang nama-nama malaikat
F Guru memberikan kesimpulan tentang nama-nama lain dan karakteristik yang dimiliki beberapa malaikat
Alat / Sumber Belajar
1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya di karton
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menyebutkan jumlah malaikat Ø Menghafal nama-nama malaikat | Tes tulis Tes lisan | Jawaban singkat Hafalan | Ø Berapakah jumlah malaikat yang wajib diketahui? Ø Hafalkan 10 nama-nama malaikat! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda