Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 8. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar : 8.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail AS
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ismail AS
2. Siswa dapat menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun kakbah bersama ayahnya
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Kisah Nabi Ismail AS.
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dan tanya jawab dengan teman-temannya membahas kisah Nabi Ismail AS dan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ismail AS dan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Mengulas materi sebelumnya dan mengkorelasikan dengan materi yang akan diajarkan
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Ismail, sedangkan siswa yang lain menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian yang disampaikan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ismail AS menggunakan bahasa sendiri secara kelompok dan individu
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Ismail AS membangun Kakbah bersama Ayahnya mengguna-kan bahasa sendiri secaa kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah Nabi Ismail AS yang telah dipelajari
F Siswa memahami dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menulisnya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar
1. Teks kisah Nabi Ismail AS
2. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
5. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ismail AS
6. Alquran (Juz Amma)
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan kisah Nabi Ismal AS Ø Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun kakbah bersama ayahnya | Tes tulis Tes tulis | Jawaban singkat Jawaban singkat | Ø Siapakah ayah Nabi Ismail AS? Ø Bangunan yang dijadikan kiblat dan di bangun oleh Nabi Ismail dan ayahnya adalah …? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ....................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda