Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 4. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar : 4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
2. Siswa dapat menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Muasailamah Al Kazzab
Metode Pembelajaran
1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
2. Siswa berlatih menyebutkan kerugian dari perilaku dengki
3. Siswa berlatih menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari- hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar kisah Abu Lahab dan Abu Jahal yang telah dipelajari
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman mereka tentang perilaku dengki
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan kisah singkat Abu Jahal dan Abu Lahab
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan contoh perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari
F Siswa menyebutkan kerugian yang ditimbulkan dari perilaku dengki
F Siswa menyebutkan cara menghindari perilaku dengki
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis 3 contoh perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari di buku tugas
F Guru membacakan kesimpulan singkat dari materi yang telah disampaikan
Alat/Sumber belajar
1. Teks kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
2. Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
3. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
4. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian
Indikator Pencapaian Target | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Menjelaskan kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal Ø Menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari Ø Menghindari perilaku bohong dan sombong dalam kehidupan sehari-hari | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Essay Jawaban singkat Jawaban singkat | Ø Bagaimanakah bentuk kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal terhadap Rasulullah SAW? Ø Sebutkan bentuk kerugian yang ditimbulkan dari perilaku dengki? Ø Berilah contoh bentuk kerugian yang ditimbulkan dari sifat sombong dan bohong? |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, ......................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda