Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas IV SK. 5.3

Sekolah                               :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                  :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :   IV / 1
Standar Kompetensi         :   5.   Mengenal ketentuan salat
Kompetensi Dasar             :   5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib salat
Alokasi Waktu                   :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran      
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian syarat sah salat
2.      Siswa dapat menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat
3.      Siswa dapat membedakan syarat wajib salat dan syarat sah salat
4.      Siswa dapat membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran       
1. Syarat sah salat.

Metode Pembelajaran      
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas syarat sah salat dan mengkaji perbedaannya dengan syarat wajib salat
2.      Siswa menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat
3.      Siswa mengkaji perbedaan antara rukun, sunah dan syarat sah salat

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Guru mengulas kembali materi sebelumnya secara ringkas
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pengantar dari bahan ajar yang akan disampaikan
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian syarat sah salat

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang perbedaan antara rukun, sunah dan syarat sah salat melalui perwakilan kelompok masing-masing
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman mereka tentang syarat sah dan syarat wajib salat
F Guru membacakan kesimpulan singkat dari materi yang disampaikan

Alat / Sumber Belajar
1.     Gambar peraga keserasian antara gerakan dan bacaan salat pada karton
2.     Tulisan syarat sah salat di karton
3.     Buku tata cara salat
4.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
5.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.     Al Quran (Juz Amma)
7.     Kaset/ CD gerakan dan bacaan salat
8.     Pengalaman guru
9.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan pengertian sunah salat
Ø  Menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat
Ø  Membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Essay
Jawaban singkat
Pilihan ganda

1.        Apakah yang dimaksud dengan syarat sah salat?
2.        Sebutkan tiga syarat sah salat!
3.        Yang harus dikerjakan dalam salat dinamakan . . .?
a.  syarat sah salat
b.  sunah salat
c.  rukun salat
               d.  pembatal salat
Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ...................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006              NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda