Sekolah : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 6. Membaca surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar : 6.3 Mambaca Surah Al Asr dengan lancar
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan Surah Al Asr dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Asr
3. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Asr
4. Siswa dapat menghafalkan ayat dan kalimat Al ’Asr
5. Siswa dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)
Materi Pembelajaran
1. Surah Al’Asr
Metode Pembelajaran
1. Siswa melafalkan surah Al ’Asr secara klasikal, kelompok dan individu dengan makhraj dan harakat yang benar
2. Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah Al ’Asr
3. Siswa berlatih mengartikan surah Al ’Asr
4. Siswa menghafalkan surah Al ’Asr
5. Siswa berlatih menyalin ayat dari kalimat Alquran
6. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas arti setiap ayat dari surah Al ’Asr
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Menugaskan beberapa anak yang sudah hafal surah Al’Asr
F Memperkenalkan bahan ajar surah Al’Asr dan isi kandungannya
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Mambaca Surah Al Asr dengan lancar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al ’Asr secara klasikal, kelompok dan individu dengan harakat dan makhraj yang benar secara berulang
F Siswa melafalkan surah Al’Asr dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah Al ’Asr dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
F Siswa mengartikan surah Al ’Asr secara berkelompok dan menampilkan kemampuannya di depan kelas melalui wakil masing-masing kelompok
F Siswa menghafalkan surah Al ’Asr secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang arti setiap ayat dari surah Al ’Asr
F Siswa melakukan aktivitas
F Siswa membaca intisari, sedangkan siswa yang lain menyimak
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman dan ditulis di buku tugas, dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar
1. Teks lafal surah Al ’Asr beserta artinya dikarton atau papan tulis
2. Gambar peraga tentang anak yang memanfaatkan waktu dengan baik
3. Buku tajwid
4. Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
5. Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6. Alquran (Juz Amma)
7. Kaset/CD Alquran
8. Pengalaman guru
Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Ø Melafalkan Surah Al Asr dengan harakat dan makhraj yang benar Ø Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Asr Ø Mengartikan Surah Al Asr Ø Menghafal Surah Al Asr Ø Menyalin ayat dan kalimat Alquran | Tes lisan Tes lisan Tes tulis Tes lisan Tes tulis | Pelafalan Pelafalan Jawaban singkat Hafalan Jawaban singkat | Ø Lafalkan surah Al Asr ! Ø Bacalah surah Al Asr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar! Ø Apa arti kalimat, اِنَّ اْلاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرِِ؟ Ø Hafalkan surah Al Asr Ø وَ ع Salinlah surah Al Asr dengan benar! |
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2.Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performa | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. ... | | | | | | |
CATATAN :
v Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Lancar, .................
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,
Pujiono, S.Pd D a r s o n, A. M a
NIP. 19631210 198405 1 006 NIP. 19800205 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda