Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 4.3

Sekolah                         :    SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   V / 1
Standar Kompetensi   :    4.   Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar      :    4.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat meneladani keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT
2.      Siswa dapat meneladani sifat penolong Nabi Isa AS terhadap kaumnya

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran 
1. Keteladanan Nabi Isa As.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas sikap keteguhan iman Nabi Isa As terhadap Allah SWT dan sifat penolonganya terhadap kaumnya
2.      Siswa menyebutkan sikap keteguhan Nabi Isa AS terhadap Allah SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya
3.      Siswa meneladani sikap keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT dan sifat penolongnya dalam praktik keseharian

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar kisah nabi Isa AS yang telah disampaikan
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa membacakan kisah Nabi Isa AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan dan menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan sikap keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya
F Siswa memberikan pendapat tentang sikap keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya
F Siswa memberikan contoh sikap penolong melalui pengalaman mereka sehari-hari
F Siswa menyebutkan manfaat dari memiliki sifat penolong
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepengaal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman, ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.      Teks kisah Nabi Isa AS
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Buku-buku kisah Nabi
5.      Kaset/CD tentang  tentang kisah Nabi
6.      Alquran (juz Amma)
7.      Pengalaman guru
8.      Lingkungan sekitar



Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Meneladani keteguhan  iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT

Ø  Meneladani sifat penolong Nabi Isa As terhadap kaumnya
Tes tulis


Tes tulis
Essay


Jawaban singkat
1.    Ceritakan dengan singkat bagaimana sikap Nabi Isa AS dalam mengajak kaumnya untuk menyembah Allah SWT?
2.    Pernahkah kamu menolong temanmu? Ceritakan dengan singkat!


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...











CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda