Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas V SK. 3.3

Sekolah                       :     SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran           :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :    V / 1
Standar Kompetensi   :    3.   Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar      :    3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa AS
Alokasi Waktu            :    3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.    Siswa dapat menceritakan kisah Nabi Isa AS
2.    Siswa dapat menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran
1.      Kisah Nabi Isa AS.

Metode Pembelajaran
1.      Siswa berlatih menceritakan kisah Nabi Isa AS
2.      Siswa berlatih menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah nabi Isa AS
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam dan Sepenggal Kisah)
2.    Kegiatan Inti      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Beberapa siswa membacakan kisah Nabi Isa AS, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS scara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menyebutkan mikjizat-mukjizat Nabi Isa As secara klasikal, kelompok dan  individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah dengan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa mendengarkan dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman  dan menulisnya di buku tugas

Alat / Sumber Belajar
1.      Teks kisah Nabi Isa AS
2.      Buku kisah-kisah Nabi
3.      Kaset/CD tentang  tentang kisah-kisah Nabi
4.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 5, Jakarta : Erlangga
5.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 5 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
6.      Alquran (juz Amma)
7.      Pengalaman guru

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menceritakan kisah Nabi Isa AS

Tes tulis
Essay
Ø  Ceritakan dengan singkat perjuangan Nabi Isa dalam berdakwah kepada para pendeta Yahudi!

Ø  Menyebutkan mukjizat Nabi Isa AS

Tes tulis
Pilihan ganda
Ø  Mukjizat dapat menghidupkan orang yang telah mati dimiliki oleh Nabi…
a. Musa AS
b. Muhammad AS
c. Isa AS


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, ......................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda