Kamis, 15 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas VI SK. 3.1

Sekolah                        : SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester           : VI/1
Standar Kompetensi  : 3.     Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kazzab
Kompetensi Dasar      : 3.1   Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
Alokasi Waktu            : 6x35 menit (2x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran    
1.      Siswa dapat menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
2.      Siswa dapat menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap Nabi Muhammad SAW
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran     
1. Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Muasailamah Al Kazzab.

Metode Pembelajaran    
1.      Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas tentang kisah Abu Lahab dana Abu Jahal
2.      Siswa berlatih menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
3.      Siswa berlatih menjelaskan kejahatan Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
F Memberikan cerita singkat dan menarik tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2.   Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Beberapa siswa membacakan kisah Abu Lahab, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah Abu Lahab secara individu dan kelompok
F Siswa memberikan pendapat tentang kekejaman yang dilakukan Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
F Beberapa siswa membacakan kisah Abu Jahal, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa menceritakan kembali kisah Abu Jahal secara individu dan kelompok
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kejahatan yang dilakukan Abu Jahal terhadap Nabi Muhammad SAW
F Siswa mengemukakan pendapat tentang sikap Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi kekejaman dan kejahatan Abu Lahab dan Abu Jahal
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang materi yang telah disampaikan
F Siswa diminta memberikan kesimpulan singkat dari materi yang telah dipelajari

Alat/Sumber belajar
1.      Teks kisah Abu Lahab dan Abu jahal
2.      Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 6, Jakarta : Erlangga
3.      Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 6 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.      Buku kisah-kisah Islami
5.      Kaset/CD kisah-kisah Islami
6.      Alquran (juz Amma)
7.      Pengalaman guru



Penilaian
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW

Ø  Menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW

Tes tulis



Tes tulis
Essay



Essay
Ø  Apa yang menyebabkan Abu Lahab beserta istrinya sangat benci kepada Rasulullah SAW?

Ø  Apa tujuan Abu Jahal berbuat jahat terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW?

Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006            NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda