Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas IV SK. 3.1

Sekolah                               :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                  :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :   IV / 1
Standar Kompetensi         :   3.         Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar             :   3.1       Menampilkan perilaku hidup sederhana
Alokasi Waktu                   :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran      
1.      Siswa dapat menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS
2.      Siswa dapat menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama
3.      Siswa dapat menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
4.      Siswa dapat menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran       
1. Kisah Nabi Adam AS.

Metode Pembelajaran      
1.      Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas asal kejadian Nabi Adam AS yang merupakan manusia dan Nabi yang pertama
2.      Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga dan sebab ia dikeluarkan dari surga

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Menggali pengetahuan siswa tentang kisah-kisah Nabi yang telah mereka ketahui sebelumnya
F Memberikan pengantar yang menarik dan berguna mengenai bahan ajar yang disajikan melalui fitur Mutiara Islam
2.   Kegiatan Inti.       
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa menceritakan kembali asal kejadian Nabi Adam AS berdasarkan penjelasan dari guru dan bahan bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang peran Nabi Adam AS sebagai manusia pertama dan Nabi yang pertama
F Siswa menceritakan kembali cerita kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
F Siswa mengemukakan pendapatnya tentang sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa mengenai materi yang telah disampaikan

Alat / Sumber Belajar
1.     Teks cerita kisah Nabi Adam AS
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku  kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan
5.     Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi
6.     Alquran
7.     Pengalaman guru
8.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS
Ø  Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama
Ø  Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga
Ø  Menjelaskan sebab Nabi Adam As dikeluarkan dari surga
Tes tulis

Jawaban singkat

Ø  Allah menciptakan Nabi Adam AS dari apa?
Ø  Apa tugas Nabi Adam dimuka bumi?
Ø  Buah apakah yang dilarang  oleh Allah untuk dimakan Adam dan Hawa?
Ø  Siapakah yang membujuk Hawa untuk memakan buah khuldi?


Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...












CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006              NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda