Rabu, 14 Maret 2012

RPP EEK PAI SD Kelas IV SK. 7.1

Sekolah                               :   SD Negeri 2 Lancar
Mata Pelajaran                  :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :   IV / 2
Standar Kompetensi         :   7.         Mengenal malaikat dan tugasnya
Kompetensi Dasar             :   7.1       Menjelaskan pengertian malaikat
Alokasi Waktu                   :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran      
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian malaikat
2.      Siswa dapat menjelaskan kejadian malaikat

Karakter siswa yang diharapkan  :  dapat dipercaya (trustworthines), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), tanggung jawab (responsibility), berani (courage), ketulusan (honesty),  integritas (integrity), peduli (caring) dan jujur (fairnes)

Materi Pembelajaran       
1. Pengertian malaikat dan kejadiannya

Metode Pembelajaran      
1.      Siswa mengadakan diskusi kelompok dengan teman-temannya membahas  pengertian malaikat
2.      Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya  membahas asal kejadian malaikat

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Menayakan kepada beberapa siswa tentang siapa malaikat, peran dan tugasnya
F Memperhatikan bahan ajar yang menarik dan berguna siswa (melalui fitur Sepenggal Kisah)
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membaca bahan ajar kejadian malaikat, siswa lainnya menyimak dengan baik
F Siswa mendengarkan dan mengawasi uraian guru  tentang bahan ajar yang disajikan
F Siswa menjelaskan kejadian malaikat berdasarkan penjelasan guru dan bahan bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan definisi malaikat
F Siswa mengemukakan  pendapatnya tentang perbedaan antara malaikat dan manusia
F Siswa mengerjakan tugas-tugas dari guru
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang malaikat dan asal kejadiannya
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri

Alat / Sumber Belajar
1.     Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya
2.     Moh. Masrun, 2007, Senang Belajar Agama Islam, untuk SD Kelas 4, Jakarta : Erlangga
3.     Tim Penyusun, 2006, Aku Anak Muslim, Pendidikan Agama Islam Kelas 4 SD/MI, Klaten : Cempaka Putih
4.     Buku yang relevan
5.     Alquran (Juz Amma)
6.     Kaset/CD tentang malaikat dan tugasnya
7.     Pengalaman guru
8.     Lingkungan sekitar

Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan pengertian malaikat

Ø  Menjelaskan kejadian malaikat

Tes tulis

Tes tulis
Essay

Jawaban singkat
Ø  Apa yang dimaksud malaikat adalah makhluk gaib?

Ø  Dari apakah malaikat diciptakan Allah?




Format Kriteria Penilaian     
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
...










CATATAN :
v  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Lancar, .....................
                        Mengetahui,
                        Kepala SD 2 Lancar,                           Guru PAI SD 2 Lancar,



                        Pujiono, S.Pd                                     D a r s o n,  A. M a
                        NIP. 19631210 198405 1 006              NIP. 19800205 200903 1 005 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda