Selasa, 13 Maret 2012

Metode Diskusi Kelompok

Diskusi kelompok merupakan suatu proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagai pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan atau pemecahan masalah.
Metode diskusi adalah cara pembelajaran dengan memunculkan masalah. Metode diskusi ini sering dipertukarkan dalam penggunaannya dengan metode tanya jawab. Dalam diskusi dapat saja muncul pertanyaan, tetapi pertanyaan tersebut tidak direncanakan terlebih dahulu. Dalam diskusi terjadi pertukaran gagasan atau pendapat untuk memperoleh kesamaan persepsi atas suatu konsep tertentu.
Pada metode ini lebih banyak melibatkan siswa untuk melakukan aktivitas, sehingga siswa menghargai pendapat orang lain, kreatif serta merasa memiliki dalam proses pembelajaran. Dalam melaksanakan diskusi peran guru tetap banyak melakukan pengamatan dan mengendailkan sehingga dapat mengurangi anak yang suka menonjolkan diri serta menguasai, atau bagi anak yang kurang mampu dapat dimotivasi untuk lebih terlibat di dalam diskusi. Menurut Amalia Sapriati, kelebihan metode diskusi antara lain bersifat demokratis, merupakan cara efektif untuk mengajukan permasalahan, mendorong rasa persatuan dan sosial dan mengembangkan kepemimpinan.[1]
Tujuan penerapan strategi diskusi kelompok adalah agar siswa memiliki keterampilan memecahkan masalah terkait materi pokok dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.


[1] Amalia Sapriati, dkk, Pembelajaran IPA di SD, (Jakarta : Universitas Terbuka, 2009), hal. 3.7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda